Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Membersihkan Noda di Jok, Beda Bahan Cara Sama

billy - Senin, 29 Juli 2013 | 08:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Selesai liburan sekolah, langsung disambut lagi dengan bersiap melakukan perjalanan mudik hari raya. Berarti, saatnya melakukan bersih-bersih pada kabin.

Tak sulit melakukan bersih-bersih jok tersebut. Langkah awal, sedot semua kotoran menggunakan vacuum cleaner. Lanjutkan dengan membersihkan jok itu sendiri dari noda yang menempel.

Bahan jok sendiri terbagi menjadi 3, fabric, sintetis serta kulit. Untuk bahan fabric tergolong sulit untuk dibersihkan. Jika belum parah, bisa gunakan bahan berbentuk foam. Namun jika sudah parah, tak disarankan untuk dibersihkan.

"Prosesnya cukup lama, makan biaya dan tidak sesuai dengan hasilnya. Bahan tersebut harus dilepas, direndam, dicuci baru keringkan. Sama persis seperti menyuci baju. Lamanya 3 hari," sebut Ivan Prabowo Salim, dari Fabio Car Leather di kawasan Kelapa Gading, Jakut. Setelah dicuci, bahan fabric tak bisa kembali bersih seperti sediakala.

Berbeda lagi dengan bahan sintetis atau kulit. MBtech sebagai salah satu bahan sintetis menyediakan pembersihnya, bernama MBtech Cleaner dengan harga Rp 70-80 ribu (gbr.1).


Proses pembersihkan untuk bahan sintetis lebih mudah. Tinggal semprot ke seluruh bagian jok (gbr.2). Tunggu sekitar 1 menit, kemudian gunakan lap kering untuk menyapunya (gbr.3). Jika noda sudah terlalu lama menempel, diamkan lebih lama, 15-20 menit supaya obat berbahan dasar air (waterbase) ini bekerja lebih maksimal. "Setelah itu sama saja, tinggal lap pakai yang kering," ujar Dana Iswanto, Brand Manager MBtech. Jangan segan-segan menggunakan sikat gigi untuk mengangkat noda yang sangat membandel.

Untuk yang berbahan kulit, bisa menggunakan produk dari Autoleder bernama Max Clean yang dihargai sekitar Rp 75 ribu. Berbeda dibanding cleaner yang berupa cairan, obat untuk bahan kulit ini berupa cream. Meski demikian, cara pakai juga sama. Tuangkan saja ke lokasi yang ingin dibersihkan (gbr.4). Diamkan beberapa saat supaya bekerja, lalu usap.

Idealnya pembersihkan jok dilakukan dua minggu satu kali. Supaya kotoran yang ada tidak menempel terlalu keras. Hindari pula merokok di dalam mobil serta membuka kaca dalam waktu lama.

Meski terlihat mudah, namun harus hati-hati memilih obat-obatan pembersih ini. Hindari yang bisa menghilangkan tinta ballpoint. Sebab, obat tersebut justru cukup keras dan berpotensi merusak bahan jok.

Selamat bersih-bersih. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa