Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rechipping Versi Euro Tuning, Bikin Tenaga Naik Tanpa Ganti Komponen

Senin, 8 Juli 2013 | 09:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta – Kabar gembira buat Anda yang ingin mendongkrak tenaga sportscar kesayangan tanpa merombak piranti standar. Cukup dengan melakukan rechipping, tenaga mobil mampu terdongkrak secara signifikan tanpa mengganti komponen apapun.

“Ya, rechipping bisa meningkatkan tenaga tanpa mengganti komponen. Berbeda dari aplikasi piggyback atau remapping yang memanipulasi data standar, rechipping justru menghapus data lama dan mengganti dengan data baru,” buka Davin Elika dari Elika Auto Performance yang juga menyediakan jasa rechipping.

Di gerai yang berlokasi di Jl. Taman Sari Raya Komplek Ruko 56 No 97 Blok B - Jakarta Barat dan no. 0812 8808 8075, tersedia dua pilihan merek rechipping, untuk sportscar Jepang dan Jerman. “Saat ini, kami menyediakan paket rechipping dari Ecutec untuk Toyota 86 dan Revo untuk VW, Audi dan Porsche,” tutur Davin.

Aplikasi rechipping merupakan modifikasi mesin Stage 1 ala Euro Tuning juga singkat. karena hanya mencolok kabel pada laptop ke OBD dan data dapat langsung ditransfer dengan software khusus. “Kecuali VW Scirocco R yang sedikit di tuning ulang,” ulasnya.


Pada rechipping Ecutek, tenaga Toyota 86 atau Subaru BRZ mampu menambah 10 dk dari tenaga standaran yang hanya sekitar 190 dk menjadi 200 dk. “Ongkosnya Rp 10 juta plus dynotest. Paket Ecutek disediakan berikut USB buat penyimpanan data. Peningkatan tenaga terbilang besar untuk mobil non turbo.”

Nah, buat sportscar Jerman seperti VW Scirocco, Golf, Audi TT atau Porsche Cayman, tersedia paket rechipping dari Revo Technik. “Ongkosnya sekitar Rp 14-16 juta. Tapi peningkatan tenaga di mobil-mobil Jerman lebih terasa,” tutur pria berkacamata ini.

Sebagai contoh, VW Scirocco TSI 1.4L yang standarnya 160 dk bisa jadi 220 dk tanpa mengganti komponen. “Sedangkan Scirocco TSI 2.0L lebih mantap lagi, dari 210 dk jadi 285 dk!” serunya.

Peningkatan tenaga yang signifikan diakui oleh Steven, pemilik VW Scirocco 2.0L yang sudah melakukan rechipping dan penggantian beberapa parts kompetisi (Stage 2). “Gila, meski belum di dyno, tapi tenaganya sangar. Malah bisa ngalahin Subaru Impraza WRX Sti belum lama ini,” pungkasnya. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa