Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Membersihkan Sensor ABS Honda Stream, Sensor Bersih, Indikator Normal

billy - Rabu, 26 Juni 2013 | 10:06 WIB
No caption
No credit
No caption


 
Gambar1: Perhatikan indikator ABS di spidometer, apabila terus menyala setelah mesin hidup, artinya mesti siap-siap bershinin sensor.
Gambar2: Modul operasional ABS terbialng mudah dijangkau. Letaknya di dalam ruang mesin nagian atas. Bagian ini paling vital untuk kinerja ABS, tapi ngga butuh perawatan khusus. Kerjanya membagi rata sekaligus mencegah roda terkunci ketika hard breaking.
Gambar3: Gerigi ABS cukup terlihat jelas, yang pasti mobil harus di dongkrak terlebih dahulu agar mempermudah proses pembersihan.
Gambar4: Bersihkan dengan kuas dan minyak tanah saja, jangan pakai cairan pembersih, takut merusak gerigi.

 
ABS atau Anti-Lock Braking System merupakan suatu perangkat kesalamatan dengan tujuan untuk menghindari keempat roda terkunci pada saat terjadi hard braking. Tujuannya, tentu agar bodi masih bisa dikendalikan. Indikator ABS akan menyala jika ada suatu masalah pada keempat sensor ABS yang terletak di balik seluruh roda, tepatnya pada as roda.

Nah, gejala munculnya peringatan ABS pada Honda Stream keluaran 2002 transmisi matik ini, sebelum menuduh kerusakkan yang lebih mahal misal pompa ABS rusak atau justru indikator di spidometer yang bermasalah.

Salah satu penyebabnya adalah kotornya gerigi ABS oleh tebalnya debu atau lumpur yang mengenai bagian tersebut. Yang pasti, karena letaknya terbuka, debu dan kotoran mudah saja berkumpul dalam bagian ini.

Indikasi awal, lihat saja misalnya kunci kontak di posisi On, seharusnya indikator ABS akan menyala sebentar, lalu mati beberapa saat kemudian. Apabila terus menyala, ini awal indikasi ada masalah di sensor ABS.

“Sebenarnya ini jarang terjadi, mobil baru rata-rata geriginya sudah di dalam as roda, hanya Honda Stream aja yang masih di luar,” ujar Tepi Oktop selaku service manager dari Honda Fatmawati.

OTOMOTIF dibantu Dedek Agus, salah satu mekanik dari Honda Fatmawati, mencoba membersihkan gerigi ABS pada Honda Stream ini. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa