Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Majukan Timing Pengapian, Bikin Mobil Lebih Irit BBM

Senin, 24 Juni 2013 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption


JakartaHal dasar yang sebaiknya diperhatikan dalam memperbaiki kinerja mesin Gasoline utk mencapai efisiensi BBM yang lebih baik adalah dimana kita harus melakukan perbaikan Torsi / Pumping Power pada RPM rendah, sehingga mobil bisa melakukan pergantian gigi lebih awal tanpa harus membuat mesin berputar ke RPM yg lebih tinggi.

Hal umum yang banyak dilakukan biasanya dengan membuat AFR sedikit lebih rich (slightly rich) dengan tujuan memperbaiki Torsi pada RPM rendah. Untuk mewujudkan hal tersebut, memang angka Lambda utk tiap tiap mesin bisa sedikit bervariasi mengingat kondisi mesin pada setiap mobil belum tentu sama, maka idealnya setting AFR juga diikuti dengan pengamatan terhadap warna ujung elektroda busi. 

Selain itu juga dengan memajukan timing pengapian agar mesin bisa mesin bisa mencapai Thermal efficiency yg lebih baik. Tetapi untuk hal ini juga sangat tergantung dengan nilai Oktan BBM yang digunakan serta suhu udara pada daerah intake. 

"Untuk mesin-mesin modern yang "Distributorless" maka untuk pengontrolan Timing yang efektif bisa dilakukan dengan modul Piggyback," ujar Kiky, salah satu anggota Innova Community, yang sudah menerapkan metode ini.

Alternative lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki pumping power / mengurangi pumping loss yang diakibatkan mekanisme throttle.  Salah satunya bisa dilakukan dengan cara menambah suplai udara ke intake antara Throttle Body dan Cyl head, hanya saja debit udara yang masuk harus benar2 sesuai dengan yang dibutuhkan mesin. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa