Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kuras Oli Power Steering Honda Stream

billy - Selasa, 18 Juni 2013 | 15:10 WIB
Kuras Oli Power Steering Honda Stream
Gombak
Kuras Oli Power Steering Honda Stream

Stream Community (SC) Solo Raya yang dibentuk pada 28 Oktober 2012 ternyata punya agenda menarik untuk makin mengakrabkan antar anggota komunitas mereka, apalagi kalau bukan gathering.

Asyiknya, kegiatan itu selalu melibatkan anggota keluarga.

“Tujuannya supaya makin saling mengenal, akrab dan guyub,” bilang Vicky, koordinator SC Solo Raya.


Menariknya, SC Solo Raya yang merupakan bagian dari SC Joglosemar, juga punya tips simpel yang bisa di-share bagi pengguna Honda Stream lainnya. Yakni tips kuras oli power steering (PS) yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

“Kebetulan saya alami sendiri. Dimana Honda Stream saya hadir suara berdengung mirip sirine. Suara dengung itu makin besar sesuai putaran RPM. Jadi ketika injak gas makin dalam, dengungnya makin terdengar. Dan saya telaah, berasal dari daerah pompa power steering,” yakin Eko Prasetyo, seorang senior di SC Solo.

Kuras Oli Power Steering Honda Stream
Gombak
Kuras Oli Power Steering Honda Stream
Menurutnya, setelah ditengok pada tabung oli PS, didapati kualitas olinya sudah keruh kehitaman (gbr.1).
 
Setelah bertanya dengan beberapa rekan mekanik Honda yang dikenal, asumsi bunyi dengung bersumber dari oli PS yang sudah kotor. Kalau sudah begini, mesti cepat-cepat dikuras. Bila didiamkan, takutnya sil PS yang akan kena. Alhasil, tak hanya oli yang terkuras, tapi kocek juga terkuras untuk biaya pembongkaran mengganti sil.

Maka lakukan saja proses pengurasan. Sebelumnya, siapkan oli PS pengganti, juga alat yang akan digunakan untuk menguras, berupa pipet yang ujungnya terdapat slang. Mirip pipet jarum suntik, namun lebih besar.

 
Kapasitasnya bisa menyedot sekitar 50 mm. Pipet begitu mudah diperoleh di toko alat kesehatan, atau peralatan laboratorium (gbr.2). Oh iya, sebaiknya proses ini dikerjakan setiap 20 ribu km.

Caranya, kuras oli PS pada tabung dengan menyedot dengan pipet. Berdasar pengalaman Eko, sapaannya, hanya butuh sekitar 3-4 kali penyedotan.

 
Lalu tabung diisi oli PS baru dan mesin dihidupkan, sembari membelokkan setir seperti mengemudi ke kiri dan ke kanan (gbr.3).

“Tujuannya oli PS baru akan kesedot ke bawah, sedangkan yang kotor akan naik ke atas. Nah, yang kotor itu disedot lagi dengan pipet, dan isi kembali dengan oli baru. Niscaya, suara dengung akan lenyap,” yakin Eko. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa