Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Lampu LED di Kap Mesin Nissan Grand Livina, Tenang Ngoprek Malam Hari

billy - Kamis, 13 Juni 2013 | 08:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Memang tak akan ada yang ingin kena musibah mesti ngoprek kala malam menjelang. Bukan apa-apa, selain susah mencari spare part. Belum lagi mesti berjibaku dengan penerangan yang minim. Repot kan kalau mesti pegang senter ataupun lampu serbaguna, sementara tangan lain mesti pegang obeng.

Nah, pemanfaatan lampu LED, apalagi yang model elastis bisa jadi solusi jitu nih, biar tetap tenang kalau memang harus ngoprek di malam hari. Alat yang dibutuhkan pun tak rumit kok. Cukup siapkan lampu LED elastis yang banyak dijual di toko aksesoris, berikut kabel standar, saklar lampu, double tape, lem serbaguna dan isolasi listrik.

Kali ini, OTOMOTIF memasang LED elastis di Nissan Grand Livina 1.5 keluaran 2007. Pastinya, ngoprek malam-malam sekarang? No problem!. (mobil.otomotifnet.com)


1. Bersihkan permukaan yang akan ditempel LED. Setelah dirasa cukup bersih, oleskan sedikit lem serbaguna, bisa pakai Aica Aibon. Sementara lampu LED sudah memiliki lem double tape pada bagian belakang. Ini berfungsi sebagai penambah daya rekat, agar tidak terlepas selama pemakaian.

2. Lepaskan lapisan double tape, lalu tempelkan lampu LED elastis pada permukaan yang telah diberikan lem tadi. Posisi penempelan sesuai selera, tetapi perlu diperhitungkan agar cahaya dapat menyebar dengan baik.

3. Setelah tertempel, rangkai 1 kabel baru pada saklar untuk menyambungkan aliran listrik pada aki bagian plus. Pada kaki saklar lainnya, sambungkan kabel bagian positif yang menyambung pada lampu LED elastis.

4. Jika sudah, selanjutnya sambungkan kabel negatif, sebagai massa pada baut bodi yang terdekat dengan LED elastis. Kali ini, OTOMOTIF menyambungkan pada baut kap mesin yang paling dekat dengan letak LED.

5. Setelah seluruh kabel tersambung secara benar, pasangkan saklar pada tempat yang diinginkan. Ternyata, pada Nissan GL tersedia lubang pada rangka yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan saklar. Mudah kan.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa