Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Lampu Spidometer LED Toyota Soluna, Bisa Dikerjakan Sendiri!

billy - Senin, 10 Juni 2013 | 07:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Saat ini lampu LED (light emiting diode) sudah mulai marak dan terus berkembang. Model peranti tersebut sangat beragam, ada yang model satu titik alias satu LED, lima titik, bahkan sampai 12 titik. Selain itu juga ada yang meng-custom LED.

Yakni, pencahayaan di panel indikator alias spidometer. Penunjuk kecepatan di besutan saat ini sudah ada yang model digital dan analog. Buat spido model jarum bisa upgrade pakai lampu LED.

“Panel tunggangan kesayangan menjadi lebih jelas kala siang atau malam hari. Sedang cara pemasangan LED enggak ribet dan masih bisa dikerjakan sendiri kok!” papar Sutowo dari bengkel Towo Motor (TM) di Jl. Kesehatan, No. 57, Pondok Bambu, Jaktim.

Peranti tersebut cukup banyak dijual di pasaran, dengan range harga dari Rp 30 ribu sampai ratusan ribu dan tergantung model LED. Sebagai praktiknya, pria asal Jateng ini melakukan di Toyota Soluna milik pasiennya.


Yuk, bongkar!. (mobil.otomotifnet.com)

1. Ini contoh dari lampu model LED. Bisa beli kepunyaan motor, loh! Biar enggak terlalu terang bisa pake LED yang 5 atau 8 titik

2. Ambil obeng kembang buat membuka penutup luar spido dan keluarkan cover tersebut

3. Pada Soluna, terdapat 3 baut pengikat speedometer, maka lepaskan juga, masih memakai obeng kembang.

4. Tarik sedikit seperangkat penunjuk kecepatan itu, guna melepas kabel speedometer dan juga soket-soketnya

5. Terakhir, tinggal cabut bohlam yang lama dan masukkan LED sesuai posisinya. Terus, jajalin deh! Kalau sudah menyala, tinggal merakit kembali. Caranya, kebalikan dari membuka, ya!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa