Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Kenali Fungsi Tombol AT Power Suzuki Grand Vitara

Iday - Sabtu, 20 April 2013 | 11:06 WIB
Yuk, Kenali Fungsi Tombol AT Power Suzuki Grand Vitara
Yuk, Kenali Fungsi Tombol AT Power Suzuki Grand Vitara

Otomotifnet.com – Ada yang menarik saat kami menguji SUV Suzuki Grand Vitara 2.4 A/T beberapa waktu lalu, yakni adanya tombol “Power A/T” yang terdapat di sebelah kiri tuas persneling transmisi otomatisnya.

Mengulik lebih jauh, pihak Suzuki mengklaim jika tombol tersebut untuk menambah panjang nafas Grand Vitara. Maklum, sistem transmisi otomatis Grand Vitara masih menganut model 4-speed konvensional, bukan CVT atau Tiptronic seperti SUV modern saat ini.

“Tombol Power A/T berfungsi untuk menambah tinggi rpm mobil. Karena saat posisi tombol ON nafas mobil akan lebih panjang karena rpm yang diraih lebih tinggi. Jadi lebih mumpuni saat menyalip mobil berukuran panjang,” papar R Aulia Semiajie, 4W Marketing Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Rahasia yang terdapat pada tombol tersebut adalah kemampuannya dalam mengatur bukaan valve oli transmisi. Saat tombol diaktifkan, sistem otomatis akan menahan posisi gigi di rpm yang lebih tinggi sehingga lebih responsif kala menyalip mobil atau di jalan lurus dan panjang yang membutuhkan putaran mesin tinggi.

Keuntungan lain yang kami rasakan saat mengaktifkan Power A/T adalah kecilnya lag yang dihasilkan. Sehingga membuat perpindahan antar gigi terasa lebih nyaman.

Tentu ada konsekuensi yang didapat dari aplikasi tersebut. Karena penggunaannya yang menahan rpm di putaran tinggi, konsumsi BBM juga lebih boros. So, kalau tak terlalu membutuhkan, lebih baik non-aktifkan saja tombol Power A/T nya. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa