Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Lampu Tambahan Nissan Grand Livina, Tambah Bohlam, Lebih Awas

billy - Kamis, 18 April 2013 | 09:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nissan Grand Livina punya urutan lampu belakang dari atas ke bawah, yakni lampu rem lalu di bawahnya lampu mundur yang berdampingan dengan sein, dan paling bawah hanya reflektor alias kosong melompong. Nah, daripada mubazir alias enggak terpakai, mending pasang saja bohlam tambahan. Lumayan kan untuk meningkatkan kewaspaan pengendara di belakang. Apalagi kalau lagi hujan lebat atau berkabut.

Peralatan yang dibutuhkan mudah dicari kok. Sediakan saja bor listrik berikut mata bor bulat, kunci pas 10 mm, isolasi listrik, lem sealant dan tentunya bohlam tambahan dengan kabel secukupnya (gbr.1). Karena ingin disambungkan sebagai lampu rem tambahan, sebaiknya cari bohlam rem ekstra berikut soketnya.

Pertama mesti melepas lampu rem aslinya. Buka 2 buah baut di batok lampu menggunakan kunci pas 10 mm (gbr.2). Kemudian, tarik ke belakang untuk melepas rumah lampu. Mesti hati-hati, agar dudukan lampu yang terbuat dari plastik enggak rusak. Sekalian juga, lepas semua soket lampu rem dan mundur.

Selanjutnya, tinggal lihat bagian paling bawah rumah lampu yang sudah telanjang. Gunakan mata bor bulat agar soket lampu tambahan mudah terpasang (gbr.3). Selanjutnya, siapkan saja kabel tambahan untuk mem-by pass jalur kabel lampu rem (gbr.4). Jangan lupa, gunakan isolasi listrik untuk melapis sambungan kabel agar meminimalisir kemungkinan korslet.

Terakhir, tinggal pasang lampu tambahan tersebut pada lubang yang telah dibor sebelumnya. Oh ya, gunakan sealant yang telah disiapkan di sekeliling rumah lampu. Pastikan sealant telah dioles merata untuk mencegah kebocoran air.

Tahapan terakhir, pastikan seluruh soket dan kabel terpasang dengan baik, lalu pasang kembali batok lampu sesuai urutan. Sekarang, enggak hanya tampil lebih gaya, tapi juga bantu keamanan di jalan kan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa