Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Nosel Wiper Chevrolet Captiva, Pakai Innova Lebih Rata

billy - Jumat, 19 April 2013 | 07:06 WIB
Ganti nosel wiper Captiva pakai Innova
Dok. OTOMOTIF
Ganti nosel wiper Captiva pakai Innova

Hadi Prasetya, salah satu pembaca setia OTOMOTIF bercerita kalau ingin mengganti nosel wiper Chevrolet Captiva miliknya.

Bawaan aslinya hanya punya 2 buah lubang untuk masing-masing nosel. Pengalaman mengganti nosel wiper Daihatsu Xenia dengan kepunyaan Toyota Innova yang lebih merata pun jadi modal.


Ndilalah, beda dengan Xenia yang lokasi nosel ada di kap mesin, ternyata lokasi nosel Captiva ada di bagian cover plastik di bawah wiper.
 
“Jadi saya bingung bagaimana cara bongkarnya,” kenang Hadi lagi. Langsung saja OTOMOTIF meminta bantuan Faisal, Service Manager dealer Chevrolet di Jln. Panjang No.1, Jakbar.

Pertama, mesti melepas wiper terlebih dahulu agar nosel bisa dilepas. Masing-masing wiper dikunci oleh sebuah mur pengunci 14 mm (gbr.1).

 
Buka menggunakan kunci pas atau kunci ring. Setelah terlepas, tarik wiper perlahan ke arah atas.

Tahap selanjutnya membuka 6 buah sekrup yang mengunci cover plastik, dengan menggunakan obeng plus (gbr.2).

Ganti nosel wiper Captiva pakai Innova
Dok. OTOMOTIF
Ganti nosel wiper Captiva pakai Innova
 
Sebelumnya mesti buka kap mesin dulu. Sebaiknya, dibantu dengan obeng minus, untuk mencongkel plastik pelindung di bawah sekrup.
 
Pada saat mencongkel, harus hati-hati, karena rentan sobek.

Setelah seluruh sekrup terlepas, tarik karet yang mengunci control panel pada sisi kiri dan kanan dengan perlahan-lahan. Lanjutkan melepas karet pelindung pada bagian kiri dan kanan kaca bagian bawah.

Lepaskan slang air wiper yang terletak pada sisi kiri kendaraan, selanjutnya lepaskan control panel secara perlahan agar tidak ada bagian yang patah (gbr.3).

Next, tinggal melepaskan slang wiper yang menempel pada nosel, lalu congkel bagian samping nosel dan tekan agar terdorong keluar dari dudukannya.

Begitu terlepas, pasang nosel Innova pada dudukan asli Captiva (gbr.4). Tapi, karena lubang dudukan nosel Captiva lebih besar. Jadi mesti ditambahkan double tape di sekeliling nosel agar tidak mudah goyang. Lalu, tinggal rakit kembali penutup control panel dan wiper sesuai urutannya.

Oh ya, nosel Innova punya lubang saluran air menghadap belakang, sementara Captiva langsung urus ke bawah. Namun, karena ruang di bawan nosel masih lowong, jadi usah khawatir mentok dengan bagian lain ya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa