Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Kebakaran, Jangan Asal Potong Kabel Mobil

Rabu, 10 April 2013 | 08:05 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Belakangan ini, seringkali kita mendengar mengenai kasus terbakarnya mobil di jalan raya yang cukup membuat resah pengguna mobil. Nah, untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ada baiknya mencegah hal-hal yang dapat memicu munculnya api.

“Banyak faktor yang mempengaruhi kebakaran mobil, mulai dari kelistrikan sampai kebocoran saat terjadi insiden. Namun, yang sering diabaikan biasanya adalah saat melakukan modifikasi, seperti penggantian sistem audio atau pemasangan lampu HID,” buka R Aulia Semiajie, 4W Marketing Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menurutnya, pemasangan piranti tambahan yang prosedurnya diluar standar pabrikan bisa memicu terjadinya kebakaran. “Biasanya kalau pasang sistem audio atau lampu, suka potong kabel dan menyambungnya dengan kabel lain. Pemotongan ini wajib diperhatikan,” jelas pria ramah ini.

“Terkadang penyambungan kabel baru hanya asal rapi. Padahal kalau kabel terkelupas sedikit saja bisa memicu konsleting yang menyebabkan kebakaran. Sehingga, ada baiknya memilih gerai aksesoris yang sudah berpengalaman. Dan jika tak sangat butuh, mobil tak perlu dimodifikasi,” pungkasnya. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa