Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Audio dan Lampu HID Sebabkan Mobil Kebakaran?

Selasa, 9 April 2013 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Banyak pemilik mobil yang tidak tahan dengan kualitas audio standar bawaan pabrik, juga bosan melihat sorot lampu standar, sehingga sering memodifikasi dua bagian itu pada mobilnya.

Namun, kalau salah atau tidak sesuai, bukan tidak mungkin melakukan modifikasi pada audio maupun mengganti lampu standar dengan HID bisa menyebabkan konsleting dan membuat mobil bisa terbakar. Benarkan kedua hal ini bisa menyebabkan mobil terbakar?

Ridwan Pujanto, Service General Manager PT Honda Prospect Motor, coba memberikan jawabannya. Ia mengungkapkan, selama dilakukan dengan benar oleh orang yang memang ahlinya, maka tidak akan ada masalah.

"Pada dasarnya pemasangan audio dan lampu HID tidak ada masalah selagi pengambilan sumber tegangannya sesuai dan proses penyambungan kabel dilakukan dengan baik dan benar," ujarnya.
 
Pemasangan audio dapat menyebabkan kebakaran karena adanya sistem sambungan kabel dan pemasangan sekering yang tidak sesuai dengan beban kelistrikan tersebut.

Contohnya adalah seperti sambungan kabel yang kendor dan tidak diisolasi dengan baik  akan menimbulkan korsleting kabel antara kabel positif dan negatif.

Penyebab lainnya adalah penggunaan sekering yang lebih besar (Sekering tambahan), sehingga jika terjadi lonjakan arus yang besar dapat menyebabkan kabel menjadi panas dan terbakar. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa