Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cermati, Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar

Kamis, 28 Maret 2013 | 12:04 WIB
Cermati, Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar
Cermati, Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar

Cermati, Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar
Cermati, Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar
Jakarta - Kecelakaan yang sampai menyebabkan mobil terbakar semakin banyak terjadi. paling terakhir menimpa Toyota Avanza yang terjadi di kawasan Sudirman, Jakarta.
 
Nah, agar kita terhindar dengan terbakarnya mobil yang sedang kita kemudikan, sebaiknya kita simak info mengenai beberapa penyebab mobil terbakar, yang dilansir situs resmi Toyota di Indonesia.
 
Teradapat 3 sebab utama terbakarnya mobil yaitu adanya sumber api seperti pemantik, berhubungan/ bersentuhan dengan bahan bakar, dan adanya konsleting pada kabel mesin mobil. 
 
Selain  tiga sebab utama terjadinya kebakaran pada mobil di atas, terdapat sebab lain yang bisa juga menyebabkan mobil dengan mudah terbakar. Berikut adalah beberapa sebab terbakarnya mobil.
 
 
Kabel parallel bertumpuk pada aki
 
Penyebab terjadinya kebakaran pada mobil salah satunya adalah adanya kabel yang bertumpuk pada aki. Biasanya kabel pada aki tidak kencang bautnya sehingga kemungkinan terjadinya konsleting akan bertambah besar. 
 
Untuk pencegahan, sebaiknya kita sering memeriksa bagian baut/ pengikat kabel pada aki apakah sudah kencang atau tidak. Pastikan bahwa baut kabel pada aki dalam keadaan kencang.
 
 
Adanya kabel yang terkelupas
 
Bisa saja terjadinya percikan api pada mobil disebabkan karena adanya kabel yang terkelupas. Biasanya penyebab utama terkelupasnya kabel pada mesin mobil karena kondisi mobil yang tidak stabil. 
 
Kabel yang sudah tua atau rapuh akan saling bergesekan hingga gesekan antar kabel tersebut akan meyebabkan kabel menjadi sobek. Dan jika kabel yang terkelupas tersebut saling bergesekan maka kemungkinan akan menimbulkan percikan api. 
 
Jika kita mencium aroma kabel terbakar pada saat kita sedang mengemudikan mobil, sebaiknya kita harus waspada. Bisa saja aroma terbakar tersebut berasal dari kabel yang terbakar akibat terjadinya gesekan antar kabel.
 
 
Ukuran kabel yang tidak sesuai
 
Menggunakan kabel yang tidak sesuai akan membawa dampak yang kurang baik untuk mobil kita. Sebaiknya kita menggunakan tipe kabel yang tepat untuk mobil kita untuk mengurangi resiko mobil terbakar. 
 
Penggunaan kabel yang tidak tepat akan mengakibatkan daya listrik yang berbeda. Perbedaan setrum yang dihasilkan oleh tipe kabel yang berbeda akan menyebabkan kabel menjadi memuai. Akibatnya, kabel akan menimbulkan percikan api yang bisa saja menjalar ke seluruh kabel pada mobil.
 
 
Bocornya selang bensin
 
Bocornya selang bensin pada mobil merupakan penyebab terbakarnya mobil yang paling familiar di telinga kita. Kasus ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah tua.
 
Pada umumnya mobil tua mempunyai selang bensin yang berbahan serat kain. Tentu saja material ini sangat rapuh dan rawan terkena rembasan bensin sehingga kebakaran mobil tidak bisa dihindarkan lagi.
 
Selain faktor-faktor di atas, masih banyak lagi penyebab lain terjadinya kasus kebakaran pada mobil.
 
Penyebab lainnya antara lain: penggunaan karburator, pipa knalpot yang bocor, bocornya oli. modifikasi mesin mobil, O-ring injector, dan bocornya setrum kable pada busi mobil.
 
(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa