Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Cat Bodi, Jangan Biarkan Terlalu Lama

billy - Kamis, 28 Maret 2013 | 07:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Cat bodi bisa saja mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Terbaret benda, salah penggunaan obat treatment dan juga pengaruh alam. Faktor penyebab yang ketiga, sangat sering disepelekan, padahal dampaknya cukup luar biasa.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat cat mobil lekas buram. Penggunaan shampoo mobil, sejatinya bisa memicu (gbr.1). Selalu gunakan sampo yang memiliki kadar pH 7, jadi tidak mempunyai sifat korosif. "Kalau mau lebih aman, pakai saja air biasa tanpa campuran apapun. Hindari penggunaan detergen," seru Rizky Firmansyah dari bengkel perbaikan bodi, Garasi 64 di Kemanggisan, Jakbar.

Penggunaan detergen sangat diharamkan karena akan lebih cepat membuat cat kusam. Selain itu, berpotensi membuat cat baret karena sifatnya yang kasar. Detergen juga bisa membuat karet-karet lekas mengeras dan menimbulkan titik-titik putih.

Embun ketika pagi hari, biasanya pada mobil yang parkir di luar garasi, juga mampu membuat cat lekas kusam (gbr.2). Embun yang mengandung asam, berbahaya kalau sekadar dibersihkan.

Langkah yang dianjurkan, "Guyur saja sekalian pakai air bersih dan keringkan. Itu justru jauh lebih aman daripada meratakan embun," ungkapnya. Indikasi awal, lihat warna atap yang akan lebih cepat buram dibanding bagian sisi, terutama mobil yang atapnya tinggi.

Next, kadang dianggap sepele namun sangat berpotensi, yakni kotoran burung atau serangga yang tertabrak mobil. Jangan biarkan terlalu lama, harus lekas diguyur.

Jangan biarkan kotoran burung atau serangga sampai mengeras. Lagi-lagi, cukup gunakan air saja untuk membasuh dan mengusirnya (gbr.3). Setelah itu cepat keringkan. Jika tak ada air, manfaatkan tisu untuk mengangangkatnya. "Terpenting jangan terlalu lama ada di cat," jelas pria ramah tersebut.

Getah juga mampu membuat cat kusam. Takutnya mengangkat lapisan coating cat. Getah, baik dari pohon atau buah, sebaiknya langsung dibersihkan. (gbr.4). Metodenya sama seperti mengusir kotoran burung.  (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa