Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Nosel Washer 3 Mata, Cegah Kaca Cepat Baret

billy - Kamis, 14 Maret 2013 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Umumnya pemicu kaca mobil kesayangan cepat baret adalah butiran debu atau pasir-pasir halus pada kaca yang tersapu oleh karet wiper.

Makanya untuk menghindari, disarankan bersihkan terlebih dulu permukaan kaca dari debu yang hinggap sebelum menjalankan mobil. Atau, bila terlanjur jalan, sebelum mengaktifkan wiper, semprot dulu pakai air washer.

Namun sayangnya, jangkauan semprotan washer pada mobil yang hanya punya nosel dengan 1 mata. Area semprotan semakin kecil. Sehingga, masih banyak debu yang nempel pada permukaan kaca.

Kalau debunya keseringan dilindas karet wiper saat menyapu kaca, tentunya lama kelamaan akan membuat permukaan kaca jadi baret-baret. Pastinya enggak mau dong itu terjadi di mobil kesayangan?

Enggak heran di mobil keluaran sekarang, umumnya mengaplikasi nosel washer (NW) dengan jumlah mata/nosel lebih dari satu pada tiap-tiap washer. Sehingga dapat meng-cover lebih banyak area kaca.


“Ada yang pakai 2 mata, dan ada juga 3 kayak di Suzuki Grand Vitara dan Ertiga,” bilang Budi dari Auto MM Mobil di pusat onderdil Sawah Besar, Jakpus yang menjual spare part Suzuki.

Nah, karena NW ini mudah dibongkar pasang karena umumnya posisi atau letaknya di kap mesin, ganti saja dengan yang bermata lebih dari 1. Toh di pasaran banyak dijual kok part tersebut.

Produknya juga beragam, ada yang sifatnya universal alias bisa diaplikasi di mobil apa saja, ada juga yang diperuntukkan untuk mobil tertentu.

Untuk NW universal biasanya dibanderol sekitar Rp 25 ribu per satuannya. Kalau punya Grand Vitara di kisaran Rp 50 ribuan. “Punya Ertiga masih jarang di pasaran. Tapi mungkin sebentar lagi bisa ditemui,” tukas Budi.

Yuk, ikut step-stepnya berikut ini. Kita praktikkan di Suzuki APV pakai NW-nya Grand Vitara. Oh iya, letak NW di APV adanya di kap bonnet (hidung). Soalnya mesinnya ada di bawah jok depan, hehehe… (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa