Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karat Di Balik Karet, Waspada Lokasi Ngumpet

billy - Rabu, 13 Maret 2013 | 06:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Memiliki mobil gres, bukan berarti tinggal pakai begitu saja. Ada kalanya harus dihadapkan pada situasi yang membingungkan. Seperti dialami oleh Rizky Firmansyah.

Pria yang tinggal di daerah Kemanggisan, Jakbar ini dipusingkan dengan adanya karat di beberapa bagian Honda Freed PSD keluaran 2009 miliknya. "Baru diketahui sekitar 2 bulan lalu. Pas nyuci, kok karet pintu agak menonjol dan terlihat warna cokelat. Pas dibuka karetnya, ternyata sudah berkarat," jujurnya.

Tak hanya Freed kejadian serupa pernah terjadi di Suzuki APV. Lokasinya di dudukan nosel washer di balik bonnet (gbr.1). Diketahui posisi karat pertama, ada di balik karet pintu samping kanan bagian atas baik depan maupun belakang. Kemudian diketahui kembali ada karat di lokasi rel pintu. Agaknya, pada kedua lokasi ini, bagian rel dan pintu samping bagian atas, karat sudah agak lama. Sebab sudah menggerus pelat bodi dan menjadi serpihan.

Ternyata tak hanya bagian kanan saja, bagian kiri juga demikian. Posisinya nyaris saja, pada bagian atas pintu kiri yang tertutup karet (gbr.2).

Rel pintu kiri juga sudah terindikasi adanya karat. Meski baru muncul warna coklat di bodi, namun sudah terdapat 2 tempat yang jaraknya cukup berdekatan (gbr.3). Belum tergerus parah seperti pada rel kanan, walau sudah berindikasi.

Sayangnya, Rizky tidak membawa Freed tersebut ke bengkel resmi. Sebab sudah jelas tertera pada buku garansi kalau hal tersebut tidak masuk dalam hitungan garansi (gbr.4).

Alhasil, tak hanya harus awas soal cuaca yang kerap berganti-ganti. Pastinya harus waspada lokasi ngumpet alias tersembunyi macam ini. Bukan tak mungkin karena area ini belum tentu masuk bagian yang mesti dicek mekanik bengkel resmi.

Next, jangan berdiam diri juga. Jangan pernah ketinggalan untuk rajin-rajin memeriksa beberapa bagian yang lokasinya agak tersembunyi. Lihat saja mulai dari lipatan bagasi, kolong sepatbor atau bagian bawah ruang mesin.

Mulai cek-cek yuukkk... (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa