Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reset Sendiri Jadwal Servis BMW, Modal Pencet, Hemat Ongkos

billy - Jumat, 15 Maret 2013 | 08:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Sebagian besar pemilik BMW seri 3 dengan kode bodi E46 pasti banyak yang hafal dengan jadwal servis. Tak hanya dari buku manual, tapi juga tertera di layar MID (Multi Information Display). Pun begitu ketika mengganti oli mesin. Setelah ganti oli, panel ini mesti di-reset agar interval servis menghitung ulang.

Tapi usah khawatir kalau malas ganti oli di bengkel resmi. Soalnya tak butuh alat khusus, cukup dengan menekan beberapa tombol. Sebagai contoh, OTOMOTIF akan memandu cara mereset jadwal oil service di BMW seri 3 dengan kode bodi E46. Teknik ini bisa dikerjakan untuk semua tahun produksi. Caranya mudah, tidak sampai 5 menit, tetapi harus benar langkah-langkahnya. Salah sedikit, harus mengulang dari awal lagi.

Langkah pertama adalah pastikan kunci kontak dalam keadaan Off. Lalu tekan dan tahan tombol di sisi kiri spidometer (gbr.1). Setelah muncul display kilometer, sambil tetap menekan tombol, putar kunci kontak ke posisi On. Lima detik kemudian, tulisan Oil Service atau Inspection akan muncul bersamaan dengan tulisan ‘reset' atau ‘re'(gbr.2).

Kemudian lepas tombol spidometer, lalu tekan dan tahan kembali tombolnya. Dalam hitungan 5 detik, tulisan ‘reset’ akan mulai berkedip. Lepas lagi tombol spidometer, lalu tekan dan tahan kembali tombolnya. Sekarang akan muncul rentang service interval yang baru. Lalu, tinggal tekan dan lepas kembali tombol. Tulisan ‘END SIA' akan muncul, lalu matikan kunci kontak. Selesai proses do it yourself reset service interval untuk BMW E46.

Serunya, cara yang sama juga bisa dilakukan pada BMW E39 seri 5 dan juga BMW X5 keluaran 1999-2007. Jika memiliki BMW E30, E28 seri 5, E36 seri 3 dan E34 seri 5. Caranya lebih mudah, tetapi harus menggunakan alat sederhana seperti tes pen. Pertama buka kap mesin dan cari diagnostic connector (gbr.4).

Jika sudah ketemu, buka tutup diagnostic connector dan kunci kontak di posisi ‘On'. Lalu cari terminal nomor 7 dan gunakan tes pen untuk menghubungkan dengan massa atau ground. Cari saja ground yang terdekat, tidak perlu jauh-jauh. Setelah 3 detik, lima lampu LED berwarna hijau akan muncul di spidometer. Kemudian, tinggal matikan kunci kontak.

Gampang toh reset sendiri mobil kesayangan, dan pastinya enggak perlu keluar ongkos lebih juga kan... (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa