Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Bohlam Foglamp, Enggak Fatal Tapi Bermanfaat

billy - Rabu, 6 Maret 2013 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Bencana banjir beberapa waktu lalu yang melanda ibu kota Jakarta serta beberapa daerah lainnya di Tanah Air, sedikitnya pasti ada yang menimbulkan kerusakan pada komponen mobil. Salah satunya foglamp mati akibat bohlamnya putus.

“Terutama dialami pada mobil yang nekat menerabas genangan air yang lumayan tinggi dalam keadaan lampu tersebut nyala,” bilang Ikin, dari Kien’s Abadi Motor yang beralamat di sentra onderdil Ramanda Depok, Jabar.

Soalnya, posisi foglamp umumnya terletak di bumper depan bagian bawah. Sehingga, rawan terendam genangan air yang setinggi betis hingga lutut orang dewasa.

Memang sih, lampu ini fungsinya tidak begitu fatal lantaran bukan lampu utama. Tapi, akan sangat bermafaat ketika melewati daerah yang banyak tongkrongan anak muda atau saat masuk perumahan yang mesti mematikan lampu. “Kalau nyalain lampu utama takutnya terlalu terang, nanti dianggapnya kita enggak menghormati mereka. Ngakalinnya, ya nyalain foglamp aja karena sorotannya lebih rendah,” tukas Ikin.

Tidak susah kok mengganti bohlamp. Siapkan saja peralatan yang dibutuhkan. Tapi, sebelumnya pastikan dulu tipe bohlamp serta dayanya. Soalnya, di pasaran ada beberapa tipe nih. “Ada HB-3, HB4, H,8, H-11. Beda merek mobil, beda tipe bohlamp foglampnya. Dan perbedaannya ada di bentuk soketnya,” terang Ikin (gbr.1).

Misalnya untuk Toyota Avanza G. Sementara di Daihatsu Xenia, Ceria, Sirion, Toyota Yaris dan sebagainya umumnya pakai H-11. Jangan sampai salah beli ya, karena tidak akan bisa match antara soket di kabel bodinya.

Produk yang beredar di pasaran pun beragam, ada merek Philips, Osram, genuine part Toyota, Super Bright, Super Light Bulbs dan lain-lain. Banderolnya mulai Rp 35 ribu – Rp 150 ribuan per buah.

Yuk, sekarang kita langsung saja ganti bohlamp foglamp yang putus. Praktiknya di Xenia Xi atau Avanza G. Mula-mula cungkil baut colok plastik pengacing cover kolong sepakbor depan pakai obeng min (gbr.2).

Setelah itu, cabut baut plastik tersebut (gbr.3), lalu congkel perlahan-lahan cover kolong spakbor sampai ada celah buat tangan masuk untuk meraih posisi bohlamp foglamp (gbr.4). Jika tangan sudah berhasil meraih bohlamp foglamp, putar kiri soket bohlamp tersebut dan tarik keluar.

Tinggal cabut deh bohlamp yang putus itu dari soket kabel bodinya, lalu ganti dengan yang baru. Untuk memasangnya kembali, langkahnya kebalikan dari proses bongkarnya ya. Oh ya, mirip dengan bohlam lampu utama, sebaiknya jangan menyentuh bagian kaca bohlam dengan tangan ya. Pegang saja bagian kaki bohlam ketika memasang. Lalu, sebelum memasang bohlamp baru tersebut ke rumahnya, coba tes nyalakan foglampnya terlebih dulu ya. Sudah menyala atau tidak.

Selamat mencoba! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa