Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Throttle Body Spacer, Angin Putar untuk Injeksi

billy - Sabtu, 23 Februari 2013 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Banyak pertanyaan di kalangan penggemar modifikasi tentang TBS (Throttle Body Spacer). Benarkah dapat menambah tenaga? Perlukah menambah TBS? Soalnya, pabrikan aftermarket sudah banyak yang membuat produk ini. Sebut saja Summit Racing, Jegs, OBX, P2R dan masih banyak lagi.

Nah, jika ditambah spacer yang sudah dibuatkan ulir (gbr.1), maka campuran bahan bakar dan udara tadi akan memasuki intake manifold seperti pusaran angin. Tujuannya, agar air flow lebih baik begitu memasuki ruang bakar.

"Nah, untuk sistem injeksi, ulir pada TBS enggak perlu terlalu banyak, terpenting material harus dipilih yang mudah melepas panas," terang Irawan Nursatya, tuner Inspiration Motorsport di daerah Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi.


Solusi murah meriah, pakai saja kayu ebonit setebal 10 mm - 12 mm yang jauh lebih murah, harganya berkisar Rp 150 ribu.

Cara pemasangan tidak sulit, tinggal menyiapkan tools yang dibutuhkan, seperti kunci sok 12 mm dan obeng kembang. Kali ini, OTOMOTIF mencoba di Honda Genio yang menggunakan mesin asli tipe D16. Langkah pertama, lepas pipa air intake yang menempel ke throttle body. Caranya, kendurkan baut klem pengunci di throttle body dan baut klem pada boks filter udara pakai obeng kembang.

Jika sudah, lepas pipa air intake-nya. Sekarang tinggal melepas thottle body. Gunakan kunci sok 12 mm (gbr.2). Jika sudah terlepas, bersihkan dahulu dengan carburetor cleaner. Kemudian letakan gasket/paking di antara intake manifold dan TBS, begitu pula di antara TBS dengan throttle body.

Nah, ketika memasang, perhatikan juga baut yang digunakan. "Soalnya, karena TBS lebih tebal, biasanya baut throttle body bawaan standar tidak dapat digunakan lagi. Ganti yang lebih panjang (gbr.3)," ujar Irawan menambahkan. Ketika seluruh proses pemasangan hampir selesai, selanjutnya tinggal pasang kembali pipa air intake.

Terkadang, pemasangan kembali pipa air intake terkendala, karena posisi throttle body lebih maju. Tapi, cukup dengan mencari celah supaya masuk dengan sempurna. Intinya, selama tebal TBS hanya di kisaran 10 mm sampai 12 mm, masih aman tanpa perlu ubahan di pipa intake.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa