Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat ECU Pasca Banjir, Jangan Asal Nyalakan Mesin

Kamis, 27 Desember 2012 | 12:16 WIB
Rawat ECU Pasca Banjir, Jangan Asal Nyalakan Mesin
Rawat ECU Pasca Banjir, Jangan Asal Nyalakan Mesin

Rawat ECU Pasca Banjir, Jangan Asal Nyalakan Mesin
Rawat ECU Pasca Banjir, Jangan Asal Nyalakan Mesin
Jakarta – Banjir yang melanda beberapa titik di Indonesia belakangan ini tentu cukup membuat resah pengguna kendaraan. Apalagi dampak kerusakan komponen mobil seperti ECU bisa menguras kantong cukup dalam.

Namun jika apes terkena banjir, tips dari Tjia Goan Lay dari bengkel Lay Car di Pasar Mobil Kemayoran Blok E38 (Masuk Pintu 5) berikut ini bisa diterapkan untuk meminimalisir kerusakan. 

“Sebaiknya jika mobil terkena banjir, langsung ditarik atau didorong ke tempat yang tak lagi tergenang. Selanjutnya ketahui posisi ECU. Jika memang posisi ECU sudah dimasuki air, lepas komponen komputer tersebut, lalu keringkan dan bersihkan dengan cairan Trichloroethylene. Hal tersebut untuk mencegah konsleting pada mobil,” urainya.

Sebagai contoh, posisi ECU Toyota Fortuner, Innova, Avanza dan Rush ada di dalam kabin. Sedangkan Toyota Altis, Vios dan Yaris terdapar di ruang mesin. Ketinggian posisi ECU juga bervariasi antara    40-80 cm.

Nah, jika pengguna kendaraan belum mengetahui apakah ECU sudah terendam atau belum, maka kenali ciri-ciri ECU yang kemasukan air. “Mobil masih mau menyala, tapi setelah 2-3 hari starter mulai susah,” jelas pria yang karib disapa Lay ini.

Dirinya juga mewanti-wanti saat pasca terendam sebaiknya mesin mobil jangan langsung dinyalakan. “Bahaya itu, nanti konslet dan bisa mengakibatkan mobil terbakar,” pungkasnya.   (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa