Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Car Care Corner, Merawat Kaca Film

billy - Jumat, 14 Desember 2012 | 06:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Kaca film dapat meningkatkan penampilan mobil, namun juga bisa membuat tampilannya terlihat buruk akibat tergores, terkelupas atau memudar. Pasalnya kaca film terbuat dari beberapa lapisan, yang bagian terluarnya dapat tergores oleh kain pembersih atau rusak akibat zat amonia.

Jika melakukan perawatan yang salah pada kaca film, justru dapat merusak lapisan perekat dan menyebabkan kaca film mengelupas atau retak. "Perawatan yang teliti dan tepat akan membuat umur kaca film lebih panjang, selain itu bisa membuat tampilannya lebih cerah dan bersih," jelas Christopher Sebastian, President Director PT Makko Raya Cemerlang (MRC), pemegang merek kaca film Masterpiece dan O2 di Indonesia.

Perawatan kaca film, lanjut Christopher, bisa dilakukan dengan benar jika memerhatikan kiat berikut. Jangan menggunakan cairan kimia atau pembersih yang mengandung asam, alkohol atau cuka karena dapat merusak permukaan kaca film yang akan menyebabkan kaca film kehilangan fungsinya sebagai penolak panas. Cukup gunakan air biasa, sebaiknya air suling atau air mineral untuk minum, karena sudah tidak mengandung unsur logam dan asam. Kemudian campur dengan sedikit shampo bayi, masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke permukaan kaca film.

Mengeringkannya gunakan kain halus seperti lap mikrofiber atau kanebo, sebaiknya lap yang digunakan untuk membersihkan kaca film terpisah dengan lap untuk exterior mobil. Supaya tak mengandung pasir atau kotoran kasar lainnya yang dapat merusak lapisan kaca film.

Sebaiknya lakukan pembersihan kaca film saat kondisi permukaan kaca dingin, atau tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab jika kondisi kaca panas, akan membuat lapisan kaca film lebih mudah tergerus jika dibersihkan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa