Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sistem Pengereman, Soal Kaliper Rem

billy - Senin, 19 November 2012 | 11:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Kaliper rem sebagai tempat bersemayamnya piston rem. Karena adanya tekanan dari minyak maka piston akan bergerak dan menekan kampas rem. Dilihat dari proses tersebut, sangat mungkin piston rem tersebut rusak. "Piston tersebut bisa baret dan karat karena debu, pasir dan air. Maka harus dilakukan perawatan berkala," ungkap Sarto.

Perawatan yang dilakukan supaya kaliper atau piston rem tetap bekerja dengan baik hanya dengan menjaga kualitas minyak rem. Lakukan penggantian secara berkala paling tidak 1 tahun. Atau, lakukan pembongkaran utuh pada perangkat rem paling tidak 2 tahun sekali.

Selain dengan melakukan penggantian minyak rem, menjaga kebersihan dari karet seal piston juga penting. Pada karet itu terdapat banyak debu. Sebenarnya untuk merawat karet tersebut tak terlalu sulit hanya butuh ‘pengorbanan' saja. Hanya perlu membuka baut kaliper bagian bawah, kemudian ungkit kaliper.

Terdapat karet pada bulatan besar. Nah, karet itulah yang dibersihkan. Cukup pakai air saja atau brake cleaner. Kemudian keringkan. Pastikan kering karena kalau tidak justru bisa menimbulkan karat.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa