Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Hyundai i20, Cermati Bagian Kaki-Kaki

billy - Selasa, 6 November 2012 | 12:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Namanya ketemu jalan dengan beragam kondisi, apalagi kalau sering lewat jalan rusak dan bergelombang, pasti bagian kaki-kaki yang mulai kena duluan. "Bushing arm belakang yang paling sering rusak," papar pria berambut lurus ini. Indikasinya, terdengar bunyi dug dug ketika melewati jalan rusak.

Nah, bedanya dengan bunyi ketika bagian steering yoke yang aus, kalau bushing arm rusak, biasanya setir masih bisa di-handle dengan baik. Untuk biaya perbaikan yang mesti dikeluarkan berkisar Rp 110-220 ribu tergantung kondisi kerusakan.

Selain itu, sebaiknya sekaligus mengintip kondisi tie rod end dan ball joint depan. Bukan apa-apa, daripada bolak balik mesti cek ulang, sebaiknya minta mekanik yang mengerjakan untuk sekalian memeriksa. Harga tie rod dan ball joint depan berkisar Rp 350 ribu per buah. Jadi, tinggal kali dua saja kalau sampai harus ganti kedua sisi roda.

Masih seputaran bunyi mengganggu, coba intip juga kondisi karet pemegang kaliper rem. Karet ini ada satu buah untuk masing-masing sisi dan terletak di bagian atas kaliper. Indikasi kerusakan yakni coba rasakan ketika menginjak pedal rem lebih dalam dari biasanya.

Memang tak bahaya, karena kerja rem sendiri tidak terpengaruh. Hanya saja memang rem terasa seperti blong dan terdengar bunyi. "Harga karetnya murah, hanya Rp 12 ribu, tapi ongkos gantinya Rp 110 ribu karena mesti bongkar sistem rem," ucap Dedy lagi.

Oh ya, pernah ada keluhan dengan sensor ABS yang mesti ganti. Awalnya karena indikator pada panel spidometer yang selalu menyala. Tapi ini pun bukan kasus yang sering mendera i20. Biasanya mesti diwanti-wanti ketika ingin ganti pelek. Proses pemasangan yang tak benar bisa berakibat sensor ABS yang kena. Jeleknya, mesti ganti set assy sensor ABS berikut bearing yang lumayan mahal. Yakni, per set sekitar Rp 1,8 juta.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa