Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Upgrade Pelek Hyundai Grand Avega Yang Pas

billy - Minggu, 4 November 2012 | 13:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Generasi terbaru Hyundai Grand Avega memang menarik untuk dimodifikasi. Utamanya ubahan tahap awal adalah mengganti pelek standar.

Tapi pilihan pelek produk aftermarket di pasaran dirasa tidak semuanya pas, harus dengan perhitungan matang agar tampilan serasi dan faktor kenyamanan tetap terjaga.

Nah, para pencinta dan pemilik Grand Avega yang tergabung dalam Grand Avega Community (Gravity) akan membagi ilmu seputar pemilihan pelek aftermarket yang pas. “Yang benar-benar harus diperhatikan yakni lebar dan offset peleknya,” saran Taufik Hidayat, ketua umum Gravity.

Dimensi roda standar Grand Avega adalah 14 inci dengan ukuran PCD 4x100 dan patokan offset ET 48. “Untuk pelek pengganti direkomendasikan yang punya offset ET 45 dengan lebar enggak lebih dari 7,5 inci,” lanjut pria bernomor anggota 001 ini (Gbr.1).

No caption
No credit
No caption
Sementara pengaruh lingkar diameter pelek diakuinya sama seperti mobil sejenis. “Ada yang pakai 18 inci aman-aman saja tapi ya kenyamanan berkurang,” tegasnya merinci dimensi maksimal yang sanggup dijejalkan ke ruang roda Grand Avega adalah pelek 19x7,5 inci, offset 45 dengan ban 215/35-R19 (Gbr.2).

“Kalau offset dan lebar pelek sudah sesuai rekomendasi, enggak perlu ubahan lain, enggak perlu juga pakai spacer,” tegasnya. Namun khusus pemakaian spacer, beberapa model pelek diakuinya diperlukan. Seperti pelek model celong, aplikasinya di teromol roda Grand Avega sangat disarankan.

 
“Khususnya yang diameter 17 inci ke atas,” saran Taufik meyakinkan dengan pemakaian spacer keuntungannya agar bagian dalam pelek tidak mentok dengan kaliper rem (Gbr.3). Selain itu, hasil fitment roda secara estetika dapat rata dengan fender.
 
Bagi yang ingin segera mengganti dimensi roda standar Grand Avega dengan ukuran yang lebih kecil, Taufik kasih rekomendasi yang acapkali dijadikan patokan oleh members Gravity. “Untuk lingkar 16 inci lebarnya 7 inci cocok dipadu-padankan ban 195/50-R16.”

Sedangkan pelek 17 inci punya pilihan lebar 7 inci atau 7,5 inci dengan paduan ban yang disarankan 205/45-R17. Ukuran tersebut cukup mudah ditemukan di sejumlah gerai pelek dan ban. “Di atas itu kurang nyaman,” tutup Taufik.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa