Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sweet, Gula Bakal jadi Sumber Tenaga Mobil Listrik

Rabu, 3 September 2014 | 06:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kabar terbaru mengenai energi alternatif ditemukan. Bahannya ada di kehidupan kita sehari-hari, biasanya berguna sebagai campuran kopi atau teh agar lebih terasa manis. Ya, gula! Pemanis ini akan menjadi sumber tenaga mobil listrik.

Sebuah tim ilmuwan dari Cell-Free BioInnovations di Virginia Polytechnic Institute dan State University, AS yang melakukan penelitian mengungkapkan kalau gula diketahui bisa menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan oleh mobil.
 
Gula tersebut akan diolah untuk menghasilkan oksidasi yang membuatnya bisa menghasilkan daya listrik. Peneliti pun membuat semacam baterai yang menggunakan gula sebagai medium dasarnya, hasilnya memuaskan.

Nama awamnya mungkin bio-Baterai, yang ternyata daya tampung sumber listriknya bisa sebesar 596 Ah/kg. Angka ini bahkan jauh lebih tinggi dari standar baterai lithium-ion yang banyak digunakan sekarang. Lithium-ion memiliki 42 Ah/kg.

"Baterai dari gula bisa bekerja untuk 10 kali lebih oke dibanding lithium ion dan dengan biaya yang lebih murah serta ramah lingkungan," ujar Y-H Zhang yang memimpin penelitian ini, sebagaimana dilansir Autoevolution hari ini (2/9). (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa