Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Perang Amerika Bermesin Subaru Calon Pengganti Humvee

Senin, 6 Januari 2014 | 10:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Amerika - Tentara Amerika, saat ini sedang melakukan pengujian terhadap prototipe kendaraan serba-guna (all-purpose vehicle) yang mereka sebut "kendaraan ultra ringan" (Ultra Light Vehicle=UVL). Mobil ini dipertimbangkan sebagai pengganti Humvee.
(
Proyek ini datang dari Menteri Pertahanan dan dikembangkan oleh pusat riset dan pengembangan khusus tank Angkatan Darat AS (Tank Automotive Research, Development & Engineering Center = Tardec). Kehadiran ULV ini untuk mengatasi beberapa kekurangan pada Humvee dan berfungsi sebagai kendaraan di segala medan.
No caption
No credit
No caption

Beda dengan Humvee yang bermesin V8, penggerak ULV adalah mesin Subaru turbo diesel yang mampu menyemburkan tenaga 175 dk dengan torsi 352Nm. Namun, oleh para rekayasa Tardec, teknologi jantung pacu Subaru diubah menjadi hibrida.

Menurut laporan situs Jalopnik, sistem hybrid terdiri dari dua motor listrik merek Remy dan baterai Navitas Li-Iron Phosphate bertenaga 14,2 kWh yang ketika mencapai puncaknya dapat menghasilkan 180 kW (241 dk).

Tardec mengatakan ULV memiliki jarak tempuh 539 km dengan kecepatan 56 km/jam di permukaan tanah. Ketika mengandalkan tenaga listrik dapat menempuh jarak hingga 33,6 km.
No caption
No credit
No caption

Kendati memiliki bobot total 13.916 pounds (6312 kg) dan lebih berat 3.500 pounds (1587 kg) dari Humvee, tapi power-to-weight-ratio lebih baik berkat mesin hibrida. Trus, UVL memiliki kapasitas muatan 4.500 kg dan dijual dengan banderol 250 ribu per unit atau setara Rp3,1 miliar. (mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa