Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Punya Teknologi Parkir Sendiri Lebih Canggih dari Park Assist

Kamis, 10 Oktober 2013 | 14:59 WIB
No caption
No credit
No caption



Pengemudi berada di luar kendaraan saat memarkir, cukup tekan remote

Eropa - Para pabrikan mobil, kini sudang giat mengembangkan teknologi otonom (autonomous) dan semi-otonom. Sementara Ford Eropa telah mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan pengembangan sistem parkir sendiri sebagai fitur masa depan. Kecanggihannya melebihi dari Active Park Assist (APS) yang sudah terpasang pada model-model Ford.

Ford menamakan teknologinya itu Fully Assisted Parking Aid (FAPA). Bila APS hanya bisa parkir paralel dengan pengemudi hanya menekan pedal gas, rem dan gigi persneling, tidak demikian dengan FAPA.

Pengemudi hanya tinggal menekan tombol untuk membuat mobil mencari lahan parkir dengan kecepatan hingga 28 km per jam. Dan bila ruang parkir sudah didapat, tekan tombol lain tidak sebentar, tapi terus sampai kendaraan masuk. Asyiknya, tombol bisa ditekan dari dalam atau di luar mobil (pakai remote).

Dijelaskan oleh Ford bahwa pemilihan gigi persneling secara otomatis, tapi harus dimulai dari posisi netral dulu. Selain FAPA, Ford juga lagi mengembangkan teknologi mobil bisa menghindar bila ada benda di depan. Sistem otomatis mampu mendeteksi benda - termasuk pejalan kaki - di jalan.

Teknologi ini juga lagi dikembangkan oleh Toyota dengan Lexus, di mana Otomotifnet sempat menjajalnya dua tahun lalu. Jadi, sekira saat mengemudi ngantuk dan di depan ada benda, mobil akan otomatis berhenti. Teknologi lainnya, saat di pinggir mobil ada benda - katakan pembatas jalan - jika sudah terlalu mepet, kemudi otomatis bergerak untuk menjauhi mobil.

Kedua teknologi ini oleh Ford masih menjadi prototipe. Dan Ford menggunakan Focus sebagai percobaan teknologi masa depannya. Belum dijelaskan, kapan teknologi itu dipakai pada model Ford. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa