Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Torsi Lebih Besar, Mesin Diesel Cocok untuk Perkotaan

Selasa, 16 April 2013 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mengetahui kondisi lalu lintas kota besar seperti Jakarta yang padat, tentu butuh mesin yang responsif tapi juga irit bahan bakar, karena harus sering-sering stop and go. Nah, mesin diesel dianggap solusinya.

Meskipun banyak anggapan mesin diesel punya tenaga yang tidak sebesar mesin bensin, tapi mesin diesel punya keunggulan dalam hal produksi torsinya yang melimpah. Sehingga, tidak perlu menginjak pedal gas lebih dalam untuk mengail tenaga. Otomatis konsumsi bahan bakar bisa lebih irit.

Dan teknologi mesin diesel saat ini juga memungkinkan gas buangnya bisa seramah mesin bensin. Terutama mesin-mesin diesel yang dikembangkan untuk pasar Eropa.

Karenanya, tak heran mengapa beberapa produsen memutuskan untuk mengembangkan mesin diesel berkapasitas jauh lebih kecil untuk mobil yang digunakan di daerah perkotaan.

Sebut saja Volkswagen yang memperkenalkan mesin diesel 1.2 liter TDI bertenaga 75 PS pada Polo. Mesin tersebut menggeser mesin 1.6 TDI meskipun tenaga yang dihasilkan memiliki kesamaan. Selain itu, produsen lain yang menawarkan mesin diesel kecil adalah Fiat dengan menyematkan jantung mekanis berkapasitas 1.3 liter pada Panda dan 500.

Nah, bagaimana dengan Indonesia sendiri? Meskipun banyak pabrikan yang masih ragu-ragu untuk menghadirkan mesin diesel pada mobil perkotaan, namun tinggal menunggu waktu saja tren ini akan populer. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa