Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Speaker Konus Keramik, Suara Lebih Jernih

billy - Selasa, 19 Maret 2013 | 06:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Konus pada konstruksi speaker, punya peran sangat penting dalam menghasilkan warna suara yang bagus dan berkualitas. Kinerja yang dicari para pelaku audio dari bagian speaker ini umumnya yang enteng tapi rigid.

Enteng, bertujuan agar gerakan konus bisa gesit, sehingga diharapkan dapat menghasilkan suara yang menyerupai aslinya. Sementara rigid, “Berguna supaya suara jadi lebih tenang dan jernih,” bilang Erwin, punggawa Digital Audio di Jl. Pluit Karang Sari 15 Blok D7 Timur No.68, Jakut.

Makanya material konus menjadi hal penting dalam menciptakan kualitas dan warna suara. Di pasaran ada bermacam-macam material dalam susunan konus. Ada yang dari bahan polypropylene, kertas, magnesium, alumunium dan sebagainya.

Nah, yang paling banyak digunakan adalah polupropylene karena dianggap ringan dan dapat menyesuaikan kondisi di dalam kabin. Ada pula yang mengandalkan bahan kertas yang di-coating agar tidak mudah dipengaruhi temperatur.

Seiring perkembangan teknologi, kini muncul konus berlapis keramik. “Keuntungannya, lebih kokoh, tenang dan rigid,” ujar Afo dari Center Audio (CA) yang beralamat di Ruko Mutiara Taman Palem, Jl. Kamal Raya, Cengkareng, Jakbar.

Salah satu produk hi end ternama yang mengaplikasi bahan ini, yakni Venture buatan Accuton, Jerman.“Ada juga merek Kev dari Inggris. Tapi kalau tidak salah hanya tweeter saja,” timpal Erwin. Namun, pemakaian bahan keramik buat banderol speaker melambung tinggi.

Nah, 2 tahun belakangan ini CA mengembangkan speaker dengan konus berlapis keramik dari Taiwan. Dilabeli merek Genetic. Desain dan kualitas suara yang dihasilkan, diklaim tak kalah heboh dibanding produk-produk hi end. Harganya tentu lebih bersahabat.

Hal tersebut dibuktikan ketika berhasil menjuarai salah satu event SQ nasional yang finalnya diadakan Februari lalu. “Kami berhasil keluar sebagai juara umum. Mobilnya pakai Mitsubishi Grandis 2010 yang semua perangkat audio pakai Genetic tanpa ada prosesor. Head unit kami pakai Pioneer 90RS,” tukas Afo.


Produk Genetic berbahan keramik pada konusnya terdiri dari Midrange CR3 (Rp 3,5 juta/set) , Dual Concentric CST3 (Rp 4,250 juta/set), Midbass Ceramic CR6,5 (Rp 4,850 juta/set), Midbass Titanium TN6,5S (Rp 3,250 juta/set) serta subwoofer tipe CR Z Woofer 10 inch (3,4 juta). “Yang bahan konusnya full keramik yaitu Midbass Ceramic CR6,5. Sementara lainnya berupa plating ceramic,” beber pria yang bernama lengkap Lim Kui Fo.

"Speaker berbahan konus keramik sebenarnya sudah dimulai dari 2006-2007. Pelopornya Venture jenis fullrange. Kualitas suara yang dihasilkan memang the best punya. Tapi ya itu, banderolnya cukup mahal. Kalau ada produk lokal mengaplikasi bahan yang sama dan kualitas suaranya bisa menyerupai barang hi end dengan harga terjangkau, boleh lah diacungi jempol," tukas Zasum dari Pesona Audio di kawasan Pos Pengumben, Jakbar.

Selain midbass dan sub, ada pula pilihan tweeter. Antara lain tipe AMT Tweeter 708 (2KHz – 40HKz / 20 Watt), AMT Tweeter 806 S (2Khz – 40 Khz / 20 Watt) dan AMT Super Tweeter GT-308B (5,6 KHz – 80 KHz / 10 Watt).

“Khusus tweeter, mengaplikasi teknologi air motion transformer. Yakni memanfaatkan gerakan udara untuk mengakomodir frekuensi tinggi, sehingga terdengar lebih nyata,” terang Afo yang juga bilang harga ketiga tweeter Genetic tersebut lebih bersahabat di kantong, namun punya kualitas setara produk hi end.

Buktikan sendiri! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa