Mantap, Audi Kenalkan Mobil yang Bisa Nyetir Sendiri

Kamis, 10 Januari 2013 | 09:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Las Vegas – Mobil yang bisa parkir sendiri mulai jamak ditemui di pasaran. Tapi apa jadinya kalau ada mobil yang bisa nyetir sendiri? Hal itulah yang ditawarkan Audi di ajang Consumer Electronics Show yang berlangsung pekan ini di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sistem auto-pilot tersebut dirancang untuk membantu pengemudi lebih nyaman saat macet. Karena teknologi auto-pilot dapat menyetir, berakselerasi dan mengerem secara otomatis tanpa bantuan supir. Untuk menjaga keamanan pengguna jalan lain dan keselamatan penumpang, maka kecepatan auto-pilot dibatasi dari 0-60 km/jam.

Selain itu, sistem ini juga dilengkapi beberapa sensor untuk mencegah tabrakan. Mulai dari dua radar sensor, delapan ultrasonic sensor dan wide-angle video camera untuk men-scan halangan di depan mobil secara horizontal.

Tak hanya itu, Audi juga mengembangkan teknologi piloted parking system yang kinerjanya mirip parkir valet otomatis. Bedanya, valet versi Audi tak membutuhkan supir lagi melainkan, mobil akan otomatis mencari lokasi parkir melalui sensor. Setelah parkir, mesin mobil kemudian mati secara otomatis. Lalu, sistem akan mengonfirmasi kondisi mobil pada pemilik melalui pesan lewat smartphone.

Di dalam kabin, Audi fokus pada piranti penunjang kenyamanan. Untuk itu, Audi menyiapkan sistem display 3D, high-performance infotainment systems yang dilengkapi dengan prosesor quad-core 1,4 GHz.

Last but not least, Audi juga mengembangkan lampu Matrix LED headlight yang memiliki dioda kecil untuk pencahayaan lebih baik. Pabrikan asal Jerman ini juga bereksperimen dengan aplikasi lampu belakang berteknologi laser. (mobil.otomotifnet.com) 


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa