Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Honda Diesel 1.6l i-Dtec, Mungil, Enteng dan Bertenaga

billy - Kamis, 29 November 2012 | 14:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda memiliki komitmen tinggi terhadap isu lingkungan. Selain menciptakan mesin bensin yang efisien dan ramah lingkungan, Honda juga telah mengembangkan diesel engine.

Yakni, mesin diesel terbaru 1.600 cc i-DTEC yang akan diperkenalkan untuk kawasan Eropa terlebih dahulu tahun ini. Sebelumnya, Honda sudah mengembangkan mesin diesel i-DTEC berkapasitas 2.200 cc.

"Fokus utama kami terhadap filosofi Earth Dreams Technology adalah membuat keseimbangan lingkungan yang efisiensi dengan performa yang diharapkan oleh Honda," sebut Suehiro Hasshi, Large Project Leader Honda Civic di Eropa dan juga mesin diesel 1.600 cc i-DTEC ini.

Honda menyebut kalau mesin yang akan di produksi di Swindon, Inggris ini merupakan mesin diesel paling enteng di kelasnya. Jauh lebih enteng dibanding mesin Honda diesel 2.200 cc i-DTEC sebelumnya.

Bobotnya berkurang 47 kilogram dibanding mesin 2.200 cc. Ini berkat penggunaan bahan aluminium untuk blok dan kepala silinder. Tak hanya itu, komponen juga melalui perhitungan yang sangat matang. Setiap komponen didesain dan ditimbang satu per satu.


Contoh pengembangan di internal mesin. "Semua komponen yang berotasi dioptimalkan. Sehingga mampu mengurangi friksi antarkomponen yang menghasilkan efisiensi di berbagai sektor," tambah Tetsuya Miyake, Project Leader untuk mesin baru ini.

Bukan saja efisien dan enteng, namun mesin berkapasitas 1.600 cc i-DTEC ini juga memiliki performa sangat baik. Mesin ini memiliki ketebalan dinding silinder 8 mm mengakibatkan piston juga menggunakan bahan yang khusus. Mampu menghasilkan tenaga 120 dk pada putaran mesin 4.000 rpm dengan torsi maksimal 300 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm.

Besaran ini berkat penggunaan turbo Garrett generasi ke-4 yang mengusung variable nozzle serta kecepatan rotasi yang presisi karena dikontrol dari elektrikal mobil. Hasilnya, turbo lag sangat minim dan memiliki tenaga optimal pada kombinasi putaran bawah, menengah sampai atas. Tekanan turbo maksimal bisa sampai 1.5 Bar.

Nantinya, mesin yang akan diproduksi 500 unit dalam satu hari ini akan terpasang di semua Honda Civic produksi 2013 dan keluar di benua Eropa. Langkah berikutnya akan juga dipasangkan pada Honda CR-V yang juga diproduksi di Inggris.

Kapan ya masuk Indonesia?.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa