Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apple Bikin Mobil, Ketika Gadget Bisa Dikendarai

Rabu, 21 November 2012 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tahun 2000 lalu, Apple merupakan produsen komputer. Sampai hari ini, mereka sudah melahirkan iMac dan MacBook, dan bahkan terus melebarkan produknya menjadi iPod, iPhone dan iPad.

Semua produknya sudah sukses menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Nah, mungkin sudah waktunya bagi perusahaan tersebut untuk melanjutkan inovasinya. Tapi apa yang ingin mereka kembangkan?

Sebuah kendaraan masa depan! Ya, Shane Baxley, yang memegang gelar Bachelor of Science dalam Desain Transportasi dari Universitas Art Center of Design di Pasadena, berpikir bahwa mobil adalah cara yang bagus bagi perusahaan untuk diversifikasi dan memperluas usahanya.

Proyek pun sudah dilaksanakan yang selesai April 2012 lalu yang dinamakan proyek Car-Share Service, sengaja dirancang untuk merek Apple. Mobilnya dinamakan iGo, terdiri dari tiga jenis mobil listrik otonom.
No caption
No credit
No caption

Pertama adalah iME, mobil ultra kompak yang hanya menampung satu orang saja, dirancang untuk digunakan di dalam kota saja. Kedua iWE, sebuah kendaraan keluarga yang dirancang untuk perjalanan panjang. Dan terakhir iU, yang khusus didesain untuk acara tertentu dari pengguna.

Ketiganya dikendalikan jaringan Apple Cloud, yang dikatakan perancangnya, akan mengendalikan 75 persen dari semua kendaraan di jalan. Sehingga mobil-mobil dapat berjalan dalam kecepatan tinggi sekalipun dalam jarak hanya beberapa inci saja antar mobil.

Tentu dengan begitu, akan bisa menghemat tempat yang semakin terbatas, karena mobil-mobil dijalan raya dibuat serapat mungkin dengan jaminan keselamatan, nol emisi dan waktu perjalanan yang berkurang drastis.

Setiap kendaraan ini dirancang untuk memenuhi tujuannya. IME hanya di perkotaan, dapat melakukan perjalanan hanya 35 mil, sedangkan IWE punya jangkauan 300 mil dan IU jangkauannya 200 mil, untuk satu kali pengisian daya.

Ketiganya menggunakan baterai Lithium-ion dari Tesla yang menyatu dengan rangka mobil, yang menawarkan keuntungan struktural, dimana distribusi berat menjadi sangat baik dan pusat gravitasi yang rendah. Karenanya, tak heran mobil ini bisa berakselarasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 5 detik. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa