Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Temuan Baru, Bola Ping Pong Lebih Presisi Mengukur Kabin Mobil

billy - Sabtu, 28 Juli 2012 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Mengukur ruang yang sempit dan tidak teratur menggunakan penggaris atau pita ukur, bisa saja prosesnya membuat orang frustrasi dan hasilnya tidak akurat. Ruang seperti itu dapat ditemui pada tempat penyimpan di kabin mobil. Baru-baru ini Ford mengumumkan telah menemukan cara kreatif untuk menghitung volume interior, yaitu menggunakan bola ping pong.

Beberapa tahun sebelumnya, Ford atau seperti dilakukan banyak orang, menggunakan metode pengukuran kapasitas kotak penyimpan, konsol tengah dan area yang aneh menggunakan alat ukur meteran. Dengan cara mengalikan panjang, kali lebar, kali tinggi, untuk mendapatkan volume.

Namun dengan semua sudut yang ada, tekukan dan bentuk aneh lainnya, membuat Ford kurang puas karena dianggap tidak akurat dan tidak konsisten. Menurut Eric Jackson, Vehicle Architecture Suvervisor Ford, para insinyur Ford punya ide menggunakan bola ping pong untuk mengukur ruang dan mereka mencobanya pada Ford Escape 2013.

Hasilnya, sebanyak 56.778 bola ping pong dapat dimasuki ke Escape. Hasil yang tidak buruk, mengingat jika kursi belakang dilipat ke bawah, kargo kendaraan ini 1,928 meter kubik. Di belakang tempat duduk baris kedua 0,971 meter kubik.

Menggunakan metode bola ping pong, para insinyur Ford dapat membandingkan Escape 2013 dengan kendaraan serupa yang dimiliki kompetitornya. Misal Honda CR-V 2012 yang punya kapasitas di belakang kursi depan 2,007 meter kubik dan di belakang kursi kedua 1,053 meter kubik, dapat muat sedikit lebih.

"Bola ping pong lebih akurat daripada menggunakan meteran untuk mendapatkan volume ruang berbentuk aneh seperti laci," kata Eric.

Selain pengukuran bola ping pong tidak lazim, Ford juga menggunakan alat desain dibantu komputer seperti laser scanner, yang dapat mereproduksi permukaan dalam ruang tiga dimensi untuk pengukuran yang lebih tepat.

Memang belum diungkap parameter pastinya, apakah jika dalam mengukur, misal laci atau tempat penyimpan, bolanya harus sampai penuh atau hanya yang dapat ditampung pada ruang penyimpan itu.

Ide bagus, bisa saja suatu saat akan kita jumpai kapasitas bola ping pong terdaftar dalam grafik spesifikasi produsen mobil. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa