Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Kembangkan Bahan Serat Karbon Murah

billy - Kamis, 19 April 2012 | 08:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Amerika Serikat -  Ford Motor Company bekerja sama dengan Dow Automotive System mengembangkan bahan serat karbon yang harganya lebih murah dari carbon saat ini. Nantinya, bahan tersebut akan diaplikasi sebaga komponen mobil dan truk Ford.

Tujuan aplikasi bahan tersebut adalah biaya produksi yang lebih rendah. Selain itu, Ford menyatakan penggunaan serat karbon ini bisa mengurangi berat hingga 340 kg pada produk masa depan mereka. Sehingga dengan paduan bahan ringan, dan mesin irit atau hybrid yang tengah Ford kembangkan makin menambah efisiensi bbm pada kendaraan tersebut.
 
”Ada dua cara untuk mengurangi penggunaaan energi dalam kendaraan yaitu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mesin kecil, dan mengurangi kinerja mesin,” ujar Paul Mascarenas, Direktur Teknis Ford.
 
Floria Schattenmann, Direktur Penelitian dan Pengembangan Dow Automotive System menyatakan, ”Ford merupakan partner yang tepat untuk mengembangkan bahan ringan. Dengan bahan high strength polymers dan teknologi yang terikat secara struktural, akan menghasilkan serat karbon yang baik.”

Sayangnya, belum ada konfirmasi mengenai tipe dan kapan bahan ini akan dipakai. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa