Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Flywheel Hybrid System for Premium Vehicles, Pengganti Baterai Buat Sistem Hybrid!

billy - Selasa, 13 September 2011 | 07:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Inggris  - Sebuah konsorsium berhasil mengembangkan perangkat pendukung kinerja sistem hybrid berjuluk Flywheel Hybrid System for Premium Vehicles (FHSPV). Nantinya, sistem ini juga bertujuan sebagai pengganti baterai pada teknologi hybrid konvensional.

Kemampuan proyek yang juga didukung oleh pemerintah Inggris ini didemonstrasikan melalui sistem ARTEMIS test cycle. Lewat sistem ini, perangkat FHSPV yang masih berupa rancangan 3D dapat dilihat kinerjanya secara nyata.

Selain itu, perangkat yang mengandalkan sistem stop and go ini menawarkan tenaga mekanis yang digerakkan oleh roda gila (flywheel) dan mampu memberikan tenaga hingga 80 dk.

Konsorsium ini menyatakan teknologi ini lebih murah, ringan, kompak dan tak menambah limbah layaknya baterai pada sistem hybrid saat ini. Bahkan sistem ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi BBM hingga 22,4 persen dari kendaraan bensin biasa.

Dirancang oleh Flybrid Sistems, FHSPV dibuat dari bahan karbon komposit dan beroperasi dalam sistem vakum parsial, yang memungkinkan untuk berputar hingga 60.000 rpm. Cara kerja FHSPV adalah mengembalikan tenaga melalui saluran diferensial belakang dan transmisi CVT saat berdeselarasi seperti sistem DRS pada Formula 1.   

Saat diuji, perangkat dengan bobot kurang dari 90 kg ini dipasang berdekatan dengan poros roda belakang. Sehingga saat ini FHSPV dapat dipasang pada ruang ban cadangan.

Sedangkan pihak yang turut mengembangkan sistem ini adalah, Xtrac dan Torotrak pada transmisi. Rekayasa konsultan yang menangani sistem konfigurasi dan integrasi oleh Prodrive dan Ricardo. Urusan mobil, konsorsium ini disokong oleh Jaguar, Land Rover dan Ford. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa