Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes JBL Ms-2 Setting, Biar Audio Standar Mobil Layaknya Sound Bioskop!

billy - Kamis, 5 Mei 2011 | 10:34 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Pemilik mobil yang enggan mengutak-atik sistem audio standarnya, namun terobsesi untuk bisa mendengarkan tata suara kabin layaknya setting-an sound quality, kini benar-benar dapat diwujudkan.

Ibarat membalikkan telapak tangan, kalangan awam sekalipun dapat melakukan upgrade pada sistem audio standar mobilnya, dengan hanya bermodal automatic digital equalizer JBL MS-2.

Produk lansiran Harman International Industries, yang rencananya baru akan rilis dan dipasarkan pada pertengahan Juli ini, sudah dijajal langsung beberapa waktu lalu di gerai Plug & Play (Electronic City), kawasan SCBD, Jaksel.

Sesi pengetesan langsung ditemani Akiong, direktur PT Berkat Anugerah Perkasa Jaya (BAPJ), main distributor JBL di Tanah Air. "MS-2 merupakan produk turunan dari JBL MS-8, yang memang diperuntukkan buat pemakaian pada sistem audio standar mobil," jelas pria murah senyum ini.

Perbedaannya, pada MS-8 mesti setting terlebih dulu pakai CD (software), untuk menghasilkan sound imaging dengan efek surround dan staging. Untuk MS-2 lebih praktis, lantaran langsung bisa dimainkan dengan fitur aux (auxiliary) pada head unit standar terutama yang bertipe integrated (menyatu dasbor).

No caption
No credit
No caption

 Untuk memaksimalkan kualitas suara sesuai kebutuhan, bisa langsung seting ulang sesuai parameter yang tersedia di modul(kiri). Kualitas reproduksi suara dari external player tidak terdengar menurun sama sekali(kanan).
Instalasi awal mesti menghubungkan automatic digital equalizer ini ke peranti pemutar eksternal, seperti MP3 player atau iPod, lantaran peruntukan alat ini memang sebagai pasangan untuk memainkan peranti multimedia tadi. "Tujuannya supaya suara yang diputar dari MP3 player atau iPod, bisa terdengar lebih megah seperti setting-an SQ," pungkas Akiong.

Power suply (DC-IN) mengambil arus tegangan dari soket lighter yang tersedia di mobil, kemudian pindahkan menu audio pada head unit ke opsi aux. Terakhir, hubungkan kabel dari konektor audio output pada modul, ke konektor aux-in pada dasbor atau konsul tengah (tipe integrated).

Setting awal cukup menekan tombol SETUP pada modul MS-2, beberapa detik kemudian terdengar suara 'bip' satu kali, di speaker kiri diikuti kemudian di speaker kanan.

Ini artinya, sistem audio standar mobil sudah terdeteksi oleh MS-2 secara otomatis. Indikasi ditunjukkan dengan indikator lampu hijau pada setelan treble, impact, bass serta image yang terdapat pada modul.


Syarat utama supaya dapat memainkan MP3 player atau iPod, harus tersedia konektor aux-in(kiri). Power pada MS-2 langsung mengambil arus listrik dari lighter karena tak dibekali baterai(kanan).
Sebelum melakukan setting awal pakai MS-2, sebaiknya memosisikan setelan bass, treble, balance maupun fader di nol (0). Supaya terdengar jelas perbedaan suara yang akan dihasilkan.

Hasilnya sangat menakjubkan. Suara yang semestinya terdengar cempreng (ringan dan mono) jika memutar file lagu dari MP3 player atau iPod, langsung berubah total menjadi lebih berbobot dan megah setelah tombol DEFEAT pada modul MS-2 ditekan.

Jika masih kurang puas dengan efek bass, treble, impact maupun image yang dihasilkan, bisa mengaturnya lagi pada tiap setelan suara tadi sesuai keinginan.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa