Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Transmisi Otomatis Saat Ini Lebih Irit BBM dari Transmisi Manual?

Billy,Iday - Senin, 18 April 2011 | 14:03 WIB
Tuas transmisi Wuling Almaz
Yosi/OTOMOTIF
Tuas transmisi Wuling Almaz

Otomotifnet.com  - Selama ini kita mungkin masih menganggap transmisi manual jauh lebih irit BBM daripada transmisi otomatis. Namun, anggapan tersebut perlu dicermati lagi.

Karena dalam 25 tahun terakhir, sebenarnya ada tiga kemajuan besar untuk transmisi otomatis yang ternyata membuat keuntungan efisiensi bahan bakar.

Pertama, adanya rasio roda gigi lebih, kemudian lock-up torsi konventer dan kontrol elektronik. ADanya lock-up torsi konventer mengorganisir kerja kopling mekanik tanpa harus terjadi perpindahan gigi. Hal ini memungkinkan terjadinya efisiensi gerak mencapai 100 persen.

Dan para insinyur juga telah memanfaatkan piranti kontrol elektronik untuk meningkatkan proporsi dari waktu torsi konventer terkunci, yang jelas tingkat kepresisiannya membuat efisiensi lebih baik daripada transmisi manual yang digerakkan tangan pengemudi.

Bahkan, berkat adanya piranti elektronik tersebut, memungkinkan transmisi tidak hanya bekerja untuk mengkordinir torsi konventer saja, tapi juga bisa terintegrasi dengan bukaan gas, percikan api busi, juga kontrol injeksi bahan bakar, sehingga mesin bisa berprilaku untuk mengatur efisiensi selama perpindahan gigi dan berakselarasi.

Jadi perpindahan gigi bisa direspon dari proses siklus mesin dengan lebih presisi, sehingga perpindahan gigi biasanya terjadi saat putaran mesin rendah, tentunya membuat bahan bakar lebih irit.

Ini ditambah dengan jumlah rasio yang semakin banyak dan rapat, dari hanya 3 speed diawal tahun 1980, sampai 4 speed, dan sekarang 6 speed, bahkan 7 speed dan 8 speed. Bahkan saat ini, Volkswagen sudah mulai menerapkan teknologi kopling ganda dual-clutch transmissions (DCT)

Sistem DCT pada dasarnya bekerja seperti dua transmisi manual secara paralel, dengan satu kopling menarik dan melepaskan untuk gigi bernomor ganjil dan yang lainnya untuk gigi genap. Prilaku mekanis ini jelas tidak akan bisa dilakukan transmisi manual.

Hasilnya adalah bahwa dalam kebanyakan kasus, transmisi otomatis sekarang dapat mencocokkan atau mengalahkan transmisi manual. Lebih praktis, lebih irit BBM. 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa