Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suspensi Magnetik Cerdas, Beradaptasi dengan Permukaan Jalan

billy - Rabu, 13 April 2011 | 17:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Belanda - Universitas Teknologi Eindhoven, Belanda, memperkenalkan hasil temuan mereka, yakni suspensi mobil elektromagnetik. Suspensi ini diklaim mampu meningkatkan kualitas pengendaraan hingga 6o persen.

Ukurannya sama seperti shockbreaker konvensional. Suspensi magnetik terdiri atas pegas pasif, sebuah aktuator elektromagnetik, unit pengontrol dan baterai. Cara kerjanya juga hampir sama. Pegas untuk menahan beban, sementara magnet-magnet berfungsi sebagai peredam aktif.

Suspensi magnetik ini bekerja tidak hanya berdasarkan elektromagnetik, tapi juga bisa beradaptasi secara cerdas dengan guncangan yang terjadi di jalan, dengan sistem pengaturan yang dikendalikan oleh komputer.

Suspensi Eindhoven juga mampu meningkatkan keselamatan berkendara berkat kemampuannya yang dapat menahan kendaraan agar tidak berayun saat melibas tikungan.

Bulan lalu sebuah mobil percobaan telah dipasangi sistem ini pada kedua rodanya untuk percobaan secara langsung di jalan. Pada percobaan itu, masing-masing roda menunjukan aksinya secara independen.

Para peneliti saat ini tengah mengembangkan sistem tersebut yang memungkinkan unit suspensi individual bisa berkomunikasi satu dengan lainnya dan mengkoordinasikan tugasnya.

Universitas Teknologi Eindhoven akan bekerjasama dengan perusahaan mechatronic Swedia, SKF, yang dikenal sebagai produsen bearing. Nantinya setelah dipatenkan, teknologi ini siap dijual dipasaran. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa