Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Fitur Hands Free Car Kit, Mulai Parrot MKi9200, Alpine eX-10 Dan TeknoMaster YK-168G

Editor - Rabu, 22 September 2010 | 10:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Undang-undang lalulintas yang baru (UULAJ No. 29/2009) telah menetapkan aturan, bahwa saat nyetir mobil tidak dibenarkan sambil menerima atau melakukan panggilan telepon. Kenyataannya memang tak mudah untuk tidak menggubris telepon yang masuk, lantaran tuntutan aktivitas tiap orang saat ini yang tidak bisa dilepaskan dari penggunaan ponsel.

Padahal nyetir sembari nelpon rawan memicu kecelakaan, lantaran berkurangnya konsentrasi mengemudi. Sebenarnya ada solusi praktis di pasaran umum, dengan memasang hand free car kit, untuk memudahkan ketika harus melakukan penggilan atau menerima telepon saat sedang nyetir.

Beberapa produknya sudah ada yang dibekali fitur Bluetooth, supaya lebih ringkas buat dipakai sambil nyetir, karena tidak perlu kabel penghubung. Seperti Parrot MKi9200, Alpine eX-10 serta YK-168G lansiran TeknoMaster.

Multimedia
Semua produk berbasis Bluetooth yang ada di pasaran tadi, menawarkan kemudahan dalam instalasi. Pasalnya tak perlu banyak ubahan pada kabin, serta minim modifikasi untuk dapat diaplikasi bareng ponsel, yang tentunya harus memiliki fitur serupa (Bluetooth).

Seperti Alpine eX-10 dan YK-168G yang hanya mengandalkan lighter kabin sebagai konektor untuk power supply-nya. Cukup merangkai beberapa kabel penghubung pada modul serta monitor, serta melakukan pairing Bluetooth antara modul car kit dengan ponsel, komunikasi via HP bisa langsung digunakan tanpa harus menahannya di telinga sembari nyetir.

Selain fungsi Bluetooth hands-free buat telepon, peranti ini juga dibekali beragam opsi buat keperluan multimedia. Semisal Parrot MKi9200, yang dilengkapi fitur hi-end sound quality untuk semua koneksi dengan perangkat tambahan. Mulai iPod, iPhone, MP3 player, memory card sampai flash disc bisa dimainkan bersama modul car kit ini.

Menurut Budiono Siyoatmojo, brand manager Duta Ban Audio selaku sole agent produk Parrot di Tanah Air, meski sudah dilengkapi beragam unsur multimedia pada produk yang ditawarkan Rp 3,5 juta (harga end user) ini, kualitas suara ketika menerima panggilan maupun sebaliknya tak terganggu.

No caption
No credit
No caption

Model YK-168G didesain paling simpel, dan dilengkapi fitur MP3 player serta radio FM
No caption
No credit
No caption

Banyak-sedikitnya data di phone book HP atau BB memengaruhi waktu sinkronisasi Bluetooth
No caption
No credit
No caption

Semua kontrol untuk memanggil, menerima sampai cari nomor kontak di phone book menggunakan remote pada setir

Ada yang dibekali dua mikrofon supaya penumpang di sisi pengemudi bisa ikutan ngomong

Noise Filter
Umumnya hands-free car kit yang mengandalkan teknologi Bluetooth, sudah dibekali fitur noise filter. Seperti yang ada di Parrot MKi9200 dengan istilah reducing background noise. Begitu pun dengan Alpine eX-10 serta car kit YK-168G, yang sama-sama dibekali fitur penyaring efek pantulan kebisingan dari kondisi sekitar.

OTOMOTIF sempat menjajal tiga produk ini pada beberapa kondisi nyetir. Seperti kabin yang ingar-bingar dengan musik dari CD, kondisi kaca terbuka lebar saat melaju serta pada kecepatan tinggi di jalan tol. Memang ada sedikit gejala putus-putus (skip) saat nelpon, tapi kualitas suaranya enggak pudar sama sekali.

Sebab selain bisa diatur volume suaranya sesuai kebutuhan, fitur noise filter pada ketiga produk berlainan merek ini langsung bekerja secara optimal, menyesuaikan dengan kondisi sekitar.

Tingkat kejelasan suara ketika sedang nelpon, lantaran didukung pemakaian speaker standar pada kabin. Alhasil pembicaraan dengan orang yang menelepon kita, bisa terdengar ke seluruh sudut kabin, lantaran sound keluar di semua speaker (depan, tengah atau belakang).

Phone Book
Semua produk yang dijajal kali ini juga menawarkan opsi phone book, untuk menampung semua data kontak yang ada di HP atau BlackBerry (BB) Anda. Sehingga enggak perlu repot lagi memegang ponsel, sekadar buat mencari nomor kontak yang hendak dihubungi.

Caranya cukup mudah. Sebelumnya perlu melakukan pairing Bluetooth dari ponsel ke modul car kit hands-free ini. Pilih inisial nama komponen yang muncul pada ponsel, sesuai perangkat yang digunakan. Misal Alpine eX-10 atau Parrot MKi9200.

Dilanjutkan dengan memasukkan passkey atau password, yang umumnya pakai angka nol (0) sebanyak empat kali. Setelah itu proses pairing Bluetooth akan terhubung secara otomatis. Namun tak bisa langsung melakukan panggilan ke luar, karena mesti menunggu beberapa saat untuk proses sinkronisasi phone book-nya.

"Untuk menyalin data dari phone book telepon selular, mesti menekan tombol answer satu kali. Akan ditandai dengan logo Bluetooth pada layar yang berkedip beberapa saat, dan modul secara otomatis akan menyalin semua data dari phone book. Proses menyalin selesai ditandai dengan logo Bluetooth yang tidak berkedip lagi," papar Albert dari TeknoMaster di Jl. Raden Saleh Raya, Ruko BPI Blok R1 No.38B, Karang Tengah, Tangerang.

Budiono juga menambahkan jika loading saat proses menyalin phone book ini, lama-tidaknya sangat tergantung dari seberapa banyak data yang ada pada ponsel. "Semakin banyak nomor kontak yang ada di HP atau BB, waktu buat sinkronisasi phone book juga lebih panjang," kata pria berkantor di Jl. Letjend. Suprapto No.400, Cempaka Putih, Jakpus ini.

Kontak:
Parrot MKi9200 : 021-4244770
Alpine eX-10 : 021-68227228
Car kit YK-168G : 021-7311101

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa