Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Clarion Dan Nokia Kembangkan Connected Car Tech

Editor - Kamis, 24 Juni 2010 | 10:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Produsen audio mobil asal Jepang, Clarion resmi bekerjasama dengan produsen handphone ternama asal Finlandia, Nokia. Kerja sama ini dibangun dalam mengembangkan sebuah interface smartphone baru dan layanan aplikasi bisnis untuk perangkat dalam mobil. Perangkat ini nantinya didesain agar dapat menggunakan layanan Ovi Store dari aplikasi Nokia.

Pada peresmian kerjasama yang dilangsungkan Selasa (22/6) lalu, kedua produsen ini mengumumkan teknologi baru yang diberi nama Terminal Mode. Perangkat terminal mode ini bisa menampilkan berbagai fungsi dan layanan smartphone yang dapat digunakan di dalam mobil.

Diantaranya, aplikasi Intelligent Transport Systems (ITS) yang dapat memberikan informasi tentang situasi lalu lintas, infrastruktur jalan, rute perjalanan yang aman, hingga informasi mengenai konsumsi bbm.

Kemudian, ada aplikasi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yang dapat membantu pengemudi saat menyetir. Dan tentunya, aplikasi navigasi GPS tak lupa disematkan pada sistem teknologi terbaru ini. Dan masih banyak aplikasi lainnya.

Pihak Clarion mengungkapkan, bahwa integrasi teknologi Terminal Mode ke dalam sistem informasi di mobil mampu melengkapi layanan dan aplikasi dari smartphone. ”Nantinya perangkat ini mampu membuat perubahan radikal dalam sistem informasi di dalam mobil,” ungkap Tatsuhiko Izumi, Presiden Clarion.

Vesa Luiro, Automotive Director Nokia juga menambahkan, mereka percaya bahwa Terminal Mode merupakan dasar ideal pada inovasi industri, yang mampu menyediakan aplikasi yang baru maupun yang telah ada kedalam perangkat dalam mobil.

Penulis/foto: Ilham/ clarion, nokia
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa