Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

3M Crystalline, Kaca Film Premium Tanpa Logam

Editor - Selasa, 25 Mei 2010 | 09:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kendati sebagian besar produsen kaca film mengklaim bahwa produk mereka menggunakan proses terbaik untuk pembuatan produk terbaik mereka, namun bisa dipastikan sebagian besar masih menggunakan unsur metal. Kendati unsur metal tersebut diolah dengan cara paling mutakhir sekalipun, tetap saja tidak mampu menghilangkan akibat yang paling sering mengikutinya, seperti karat.

Namun tidak demikian dengan salah satu produk 3M yang bernama Crystalline, yang telah menggunakan multilayer nanotechnology. Varian tertinggi dari produk kaca film 3M tersebut bahkan diklaim lebih baik dari semua produk tertinggi salah satu kaca film premium di Indonesia. Kendati sudah 2 tahun lalu beredar di Indonesia, namun masih banyak yang menafikan produk yang satu ini.

Hmm, mengapa bisa jadi kaca film terbaik? Bukankah sebelumnya beberapa produsen kaca film menggunakan bahan Ceramic yang diklaim juga jauh lebih unggul ketimbang kaca film premium dengan bahan dasar metal? Mari kita simak penuturan salah seorang pakar pengembangan produk di PT 3M Indonesia.

“3M Crystalline itu sebenarnya kaca film yang dibuat dengan teknologi multylayer nanotechnology. Yaitu teknologi yang menggunakan lebih dari 200 lapisan polimer. Keunggulannya karena tidak menggunakan sistem celup dan juga tidak berbahan dasar logam, jadi bebas dari proses oksidasi yang biasanya mengakibatkan kaca film terdapat karat,” ungkap Hexa Setyawan selaku Channel & Development PT 3M Indonesia.

Karena terbuat dari bahan non metal dan melalui proses nanotechnology, tentunya Crystalline mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan produk lain yang mengandung metal, termasuk yang menggunakan bahan Ceramic. Apalagi untuk penggunaan frekwensi seperti GPS dan perangkat elektronik lainnya.

“Ceramic itu sebenarnya juga turunan dari logam, walaupun performanya lebih baik ketimbang yang berbahan metal murni, namun tetap saja mengikuti dampak buruk seperti metal. Karena Crystalline tidak memiliki kandungan dua bahan yang sebelumnya diaplikasikan pada kaca film, makanya kualitasnya lebih bagus. Dan kami berani untuk melakukan test produk dengan produk unggulan lainnya,” papar Hexa.

Tentunya apa yang diklaim oleh Hexa ini tidak hanya sebatas janji belaka. Karena produk 3M sekarang digunakan oleh beberapa ATPM, khususnya mobil-mobil Eropa dan Jepang seperti BMW, Mazda dan ATPM mobil lainnya. Bahkan paket pembelian mobil mereka sudah dilengkapi dengan kaca film 3M.

“Khusus untuk mobil-mobil keluaran Eurokars, kami memang merekomendasikan kaca film 3M pada setiap pembelian mobil. Karena kami percaya kualitas yang dihadirkan oleh 3M memang terbukti,” imbuh Edmond Y Daud selaku Regional Sales Manager PT Eurokars Tirta Utama.

So, masih ingin bukti nyata?

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa