Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Power Berdimensi Kecil, Teknologi Memangkas Dimensi

Editor - Selasa, 2 Februari 2010 | 13:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Dimensi power amplifier bukan menjadi patokan akan kualitas suara yang dihasilkan. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan penguat sinyal suara ini dibuat dengan ukuran kompak sesuai tuntutan zaman untuk instalasi pada mobil-mobil kecil tanpa memangkas kemampuannya

Popularitas City Car  maupun Compact Hatchback  saat ini begitu merajalela di Tanah Air. Hampir semua produsen kendaraan mobil terus mendatangkan model-model kompak seperti ini.

Namun kerap kali timbul kendala ketika sang pemilik hendak meng-upgrade  sistem audio yang umumnya mengorbankan akomodasi maupun sisi kepraktisan mobil.

Power amplifier  berdimensi besar bisa dipastikan memiliki masalah dalam hal penempatannya. Tuntutan ini semakin tinggi jika pemilik kendaraan memilih instalasi sistem yang tidak tampak menyolok. Di sinilah power amplifier dengan dimensi kecil memegang peranan.

Sebelumnya karena masalah dimensi tersebut, tak sedikit pemilik mobil mengurungkan niatnya menggunakan power amplifier.  Padahal pemasangan power amplifier  merupakan langkah terbaik agar suara yang dihasilkan speaker  dapat optimal.

Untunglah, kini hadir Surface Mount Technology  (SMT) dalam proses produksi perangkat elektronik. Sistem ini mampu mereduksi dimensi power amplifier  sampai 50% dibanding metode konvensional.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

“Teknologi ini menggantikan peran transistor, kapasitor, resistor, dioda, serta IC yang besar, dan  membuat dimensinya menjadi jauh lebih kecil lagi,” ucap Maslim Djanuanto, pemilik brand  VOX Research.

Teknologi ini sebenarnya sudah lama diterapkan pada perangkat elektronik lainnya, seperti komputer, ponsel, multimedia player,  televisi dan lain-lain. “Sebagai contoh, lihat saja MP3 player  yang ukurannya semakin kompak,” tambah Maslim.

Meski demikian ada beberapa komponen yang tetap tak bisa diproduksi dengan Surface Mount Technology  ini. Antara lain kumparan power inverter,  serta transistor. Karena komponen-komponen ini mengeluarkan panas tertentu saat bekerja.

Dengan dimensi yang lebih kecil, bidang pembuangan panasnya ikut berkurang, dan hal ini membuat performanya menurun drastis. “Solusinya beberapa produsen menambah ketebalan casing  alumunium guna meningkatkan kemampuan membuang panas power amplifier  berdimensi kecil ini,” imbuh Maslim.

Bicara soal kualitas, ada beberapa kelas yang bisa dipenuhi oleh power amplifier  berdimensi kecil ini. Yaitu power amplifier  kelas AB, dan power amplifier  digital kelas D.

Selain itu ada pula teknologi power amplifier hybrid  yang mengabungkan teknologi tabung dengan rangkaian power amplifier  kelas digital. Kombinasi ini memberikan suara dengan kualitas lebih tinggi.

No caption
No credit
No caption

Dimensi power amplifier  yang semakin kompak ini juga membuat instalasinya juga menjadi lebih mudah. Jika dulu rongga di bawah bangku depan hanya cukup untuk memuat sebuah power amplifier  saja, kini ruang yang sama bisa memuat 2 unit power amplifier.  Bahkan beberapa celah kecil di interior kendaraan juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan penguat sinyal suara ini.

Sistem instalasi seperti ini membuat bagasi serta kompartemen barang lainnya tetap bisa berfungsi seperti seharusnya. Tidak ada lagi alasan berkompromi dengan akomodasi mobil, ketika sang pemilik hendak meng-upgrade  sistem audio di kendaraan-kendaraan kecil miliknya.

Beberapa power amplifer berdimensi kecil

Merek & Tipe
Daya
Harga
Alpine PDX 5
4 x 75 W, 1 x 300 W
5,3 Juta
Alpine PDX 4150
4 x 150 W
6,5 Juta
Alpine PDX 4100
4 x 100 W
3,6 Juta
Alpine PDX 2150
2 x 150 W
3,5 Juta
Alpine PDX Mono
1 x 600 W
3,6 Juta
Alpine PDX 1.100
1 x 1.100 W
6,15 Juta
ARC Mini KS 125.4
4 x 125 W
3,75 Juta
ARC Mini KS 500.1
1 x 500 W
3,75 Juta


Penulis: Andy Tinggogoy

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa