Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nyetir Pakai iPhone?

Editor - Senin, 1 Februari 2010 | 07:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Teknologi gadget saat ini sudah mengarah pada kebutuhan yang lebih aplikatif, di samping mengeksplorasi unsur games serta interaksi di dunia maya. Salah satu terobosan terbaru seperti pemakaian iPhone buat mengontrol pergerakan mobil secara riil.

KAMERA VIDEO

Selain berfungsi untuk mengirim e-mail, memutar video, web akses dan snap gambar, iPhone juga bisa digunakan untuk mengendalikan mobil. Aplikasi iPhone untuk mengemudikan mobil telah dibuat oleh para ilmuwan komputer di Jerman.

Kontrol iPhone untuk mengendalikan mobil ini mengandalkan platform serupa di tahun 2007, pada gelaran DARPA Urban Challenge (sistem kendaraan yang otonom) di California, Amerika Serikat.

Sebuah aplikasi khusus iPhone yang memungkinkan sebuah minivan dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone Apple ini.

Diterapkan dengan mengandalkan teknologi WiFi dengan bantuan sebuah modul khusus yang terintegrasi ke peranti penggerak berupa motor listrik.

No caption
No credit
No caption

Riset yang dilakukan di Berlin, Jerman, mengandalkan minivan lengkap dengan komponen pendukungnya
No caption
No credit
No caption

Beberapa fitur yang tersedia dalam software Delphi

Harus didukung seperangkat peranti mekanis pengganti fungsi kaki dan tangan pengemudi

Komponen penunjang lain seperti sebuah kamera video yang diletakkan di atas dasbor menghadap ke depan. Dikondisikan si pengemudi dapat mengendalikan setir, rem dan pedal gas, hanya dengan menyentuh beberapa opsi pada layar LCD iPhone.

Kamera tadi akan mengirimkan sinyal ke iPhone yang memungkinkan fitur remote sopir bekerja optimal. Fungsinya sebagai pemantau segala kondisi di depan mobil, serta untuk mengendalikan pergerakan mobil sesuai keinginan pengemudi.

Proses transmit dari kamera tadi terjadi secara real time video ke dalam iPhone. Hal inilah yang memungkinkan satu set tombol di layar LCD iPhone, dapat berfungsi mengendalikan gas, rem sampai kemudi.

Perintah ditransfer dari radio ke iPhone melalui transmisi listrik di dalam mobil. Jangkauan sinyal pengontrol dari remote kontrol produk lansiran Apple Corp. ini, diklaim sanggup memarkir mobil dari lantai dasar hingga ke lantai empat sebuah bangunan.

Akses untuk melakukan kontrol ke mobil mengandalkan software khusus yang sudah dilansir Delphi Corp., yang bekerja secara nirkabel ke iPhone untuk memantau serta mengontrol hampir semua fungsi sebuah mobil.

Namun begitu di mata para pelaku modifikasi Tanah Air yang juga penggemar gadget, aplikasi remote control untuk mengemudikan sebuah mobil di jalan raya, masih dianggap sangat riskan.

Pasalnya teknologi ini sangat membutuhkan keahlian dari modifikatornya, serta sarana dan prasarana yang memungkinkan sebuah mobil bisa dikendalikan dari jarak cukup jauh.

Menurut Agus Djaja Somat dari AutoLine di Arteri Kedoya, Jakbar, kontrol iPhone di Indonesia masih sebatas aplikasi untuk games serta fitur pemantau kinerja mesin.

"Ke depannya mungkin akan terealisasi, mengemudikan mobil melalui sebuah iPhone. Paling tidak bisa digunakan buat memindahkan posisi mobil di areal parkir yang relatif lebih aman ketimbang di jalan raya," papar Agus.

Teknologi memang diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Namun kayaknya mendingan bayar seribu perak aja buat tukang parkir.

Penulis/Foto: Anton / Dok.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa