Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daihatsu Charade M/T 1997

billy - Jumat, 7 Juni 2013 | 17:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Semenjak dipasarkan mulai tahun 90-an, mobil ini cukup memberikan perlawanan untuk rekan sekelasnya yaitu Toyota Starlet. Walaupun belum bisa mengalahkan dari segi penjualan, tapi Daihatsu Charade dibekali mesin yang terbilang bandel dan mudah dibuat kencang. Lintasan balap lurus juga sempat dirajai mobil ini.

Salah satu bengkel di Jakarta ada yang mengklaim mesinnya bisa dioprek untuk menghasilkan tenaga besar. “Kalau dikembangkan, performa mesin mobil ini bisa menghasilkan tenaga besar,” ungkap Yanto, juragan Yans Speed yang memiliki Charade spek drag race. Tapi, namanya mobil lawas tetap harus ada yang diperhatikan sebelum meminangnya.
No caption
No credit
No caption

Dari sektor mesin, kerap ditemukan masalah di area engine mounting. “Biasanya engine mounting bagian tengah agak kaku, jadi getaran mesin cukup besar dan terasa sampai kabin,” jelas pria ramah ini. Getaran mesin biasanya paling terasa saat mobil langsam, kalau getaran sudah parah, efeknya bisa terasa sampai pendengaran.

Kalau untuk bagian kaki-kaki, tak dijumpai masalah serius, cukup perhatikan kinerja dari sokbreker, tierod dan long tierod. Pastikan kinerja seluruh komponen tersebut normal, dan jangan lupa cek juga steering rack serta power steering-nya, pastikan aman dari masalah.

No caption
No credit
No caption

Masuk ke interior, cek kinerja power window mobil mungil ini. Karena faktor usia, biasanya naik turunnya kaca jadi terasa berat dan kurang lancar. Perhatikan juga bagian pintunya, pastikan handle pembuka bekerja dengan normal.

Daihatsu Charade tahun 1997 ini, di pasaran mobkas harganya masih ber­kisar Rp 50 jutaan. Tak perlu ragu kalau ingin membelinya, sebab kemudahan spare part dan jaringan servisnya bisa diandalkan. (mobil.otomotifnet.com)

KELEBIHAN

1. Mesin terkenal bandel dan bertenaga
2. Manuver lincah
3. Hemat BBM

KEKURANGAN

1. Power window
2. mulai melemah
3. Akomodasi barang di bagasi kurang baik
4. Kabin tergolong sempit


Menakar Biaya Servis

Untuk meminang mobil lawas, jangan hanya tergiur dengan harga yang terjangkau. Tapi, pastikan juga kalau kondisinya fit agar tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mereparasi. Mesin Daihatsu Charade tergolong minim perawatan, selama masih normal cukup lakukan servis berkala saja.

Di Yans Speed yang berlokasi di Pondok Bambu Jakarta Timur, ada beberapa menu servis. Untuk ­tune up biasa dengan finishing four gas analyzer, biayanya cukup Rp 175 ribu. Jika sekalian dengan carbon clean untuk membersihkan kerak-kerak yang ada di mesin, cukup tambahkan Rp 300 ribu saja. biaya tersebut belum termasuk oli mesin.

Kalau mau tanya lebih banyak, bisa kontak ke 021-8604505 atau 0815-13931999.

 Filter Oli Rp. 90.000
Filter Udara Rp. 70.000
Filter Bensin Rp. 65.000
Kampas rem depan Rp. 160.000
Kampas rem belakang Rp. 140.000
Tierod Rp. 240.000 x2
Long Tierod Rp. 220.000 x2

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa