Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Peugeot 405 Le Mans 1995

billy - Rabu, 24 April 2013 | 16:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bagi pencinta Peugeot, tentunya versi LeMans sudah tidak asing lagi meski populasi terbilang sedikit. Peugeot 405 STI LeMans kelahiran Perancis ini, bila dilihat dari tampilan memang sporti yang menyiratkan kemewahan, kenyamanan, juga ketangguhan dari mobil yang diproduksi tahun 1995 ini.

“Sebelum pakai 405 STI LeMans ini saya pakai 405 SRI, ternyata memang beda ya,” ujar Edo, seorang penggemar Peugeot di Jakarta. Sayangnya, jok kulit aslinya sudah terlalu parah akhirnya diganti dengan jok 405 STI non Le Mans yang berbahan fabric.
No caption
No credit
No caption

Sekadar buat catatan, lantaran modelnya yang sudah terlalu lawas, beberapa bagian interior perlu mendapat perhatian. Semisal bagian plafon dan permukaan dasbor yang sudah terlihat cacat seperti bercak-bercak menempel. Tidak hanya itu, bagian kemudi juga mengalami cacat ringan, seperti terkelupas bagian luarnya.

Dengan mesin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc, sebenarnya mesin ini cukup bandel untuk pemakaian sehari-hari. “Asal perawatannya diperhatikan pasti oke kok,” ujar Nur Khadiq dari Cahaya Violet Motor, bengkel spesialis Peugeot di kawasan Jombang, Bintaro.

Menurut Nur, sapaan akrabnya, “Kelebihannya 405 STI ini adalah blok mesin terbuat dari besi, suspensi kuat dan nyaman,” ujarnya.

No caption
No credit
No caption

Kekurangannya, masih menurut Nur, mesin suka panas, lalu timing belt kalau sampai putus klep langsung mentok, jarum indikator bensin sering nggak stabil. “Selain itu cover tutup klep sering rembes oli, dan colokan oli sering pecah,” bilang Nur lagi.

Solusinya, “Cek air radiator rutin, selalu perhatikan temperatur mesin, cek oli, pakai aki yang spesifikasinya pas, perhatikan saringan bensin dan udara,” tuturnya.  (mobil.otomotifnet.com)

KELEBIHAN

No caption
No credit
No caption

1. Kenyamanan jok kemudi dan di sampingnya masih terjaga
2. Banyak mekanik ahli yang sudah bisa menanganinya
3. Beberapa harga komponen
4. fast moving
5. masih terjangkau

KEKURANGAN

1. Permukaan dasbor, trim pintu,
2. power window, jok, dan plafon perlu mendapat perhatian
3. Mesin kerap panas
4. Ekstra perawatan pada timing belt

Menakar Biaya Servis


Mengingat usia Peugeot 405 STI LeMans ini sudah berusia 18 tahun, sebaiknya perawatan rutin dilakukan setiap 5.000 km. “Ganti oli dan filter oli harus rutin, jangan sampai telat,” ujar Nur. Lanjutnya, oli juga usahakan yang sesuai untuk mesin Peugeot ini.

Perhatikan juga filter udara dan filter bensin jika sudah tidak bagus segera diganti. Elektrikal juga harus diperhatikan, jangan sampai ada kabel yang berseliweran tidak jelas.

Untuk biaya jasa tune-up dikenakan jasa Rp 100 ribu. Sedangkan untuk turun mesin, jasanya kena Rp 1 juta dan urut kabel depan kena Rp 500 ribu di bengkel Cahaya Violet Motor ini.

 Daftar Fast Moving

Filter Oli Rp. 60.000
Filter bensin Rp. 95.000
Filter udara Rp. 90.000
Kampas rem depan Rp. 225.000
Kampas rem belakang Rp. 275.000
Long tierod Rp. 175.000 x2
Tierod Tp. 175.000 x2

Sumber: Cahaya Violet Motor, Jl. Jombang Raya No. 4, depan makam ABRI, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. Tlp. 021-99504150, 08161844439, 0813-99211371.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa