Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Avanza G M/T 2007, Tak Termakan Usia

billy - Senin, 1 April 2013 | 15:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski telah berumur enam tahun, banyak ditemui versi bekas dari mobil ‘sejuta umat’ ini yang masih terlihat bagus dan terawat. Meski sekarang sudah keluar All New Avanza namun kendaraan keluarga yang sudah mengadopsi versi VVT-i ini masih tetap banyak peminat.

Selain harganya semakin terjangkau, mesin yang bandel, irit bensin, dan resale value yang bertahan menjadi alasan utama mobil ini masih dicari. “Meski terbilang telat membeli, tapi saya masih tetap memilih Avanza ini, apalagi kondisinya masih bagus kok,” jelas Okky, seorang wiraswastawan muda yang sedang me­rintis usahanya ini. “Apalagi bisa memuat banyak penumpang,”tambahnya.
No caption
No credit
No caption

Nah, bila menilik dari dapur pacunya, Avanza mengadopsi mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.300 cc yang memang sudah terkenal bandel dan jarang rusak. “Paling yang harus diperhatikan adalah suspensinya saja, seperti sokbreker belakang, tierod, dan long tierod,”ujar Sartono, Technical Leader Auto2000 Bintaro.

Namun, hal itu tidak perlu ditakutkan. Pasalnya, untuk urusan komponen, small MPV (Multipurpose Vehicle) ini cukup banyak tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. Termasuk versi non orisinalnya. ditambah lagi versi copotan body parts juga banyak ditemui dengan harga lebih terjangkau daripada membeli versi barunya.

Selebihnya? Perhatikan interiornya, ada baiknya lapisan fabric joknya diganti dengan bahan semikulit agar lebih mudah dibersihkan dan lebih nyaman.

No caption
No credit
No caption

Sementara itu bagi Anda yang merasakan pengendalian di dalam kabin, kendaraan ini cukup bersahabat. Pasalnya, bodi yang kompak justru memudahkan ketika harus bermanuver di jalan serta parkir kendaraan. Pun demikian masih ada gejala ndut-ndutan pada mesin terutama pada RPM rendah.

Selain itu ragam fitur kenyamanan juga mudah terjangkau serta pandangan ke depan yang cukup jelas. Namun, sekadar buat catatan kalau penumpang di kabin belakang agak kurang nyaman karena ruang kaki yang terbilang sempit. (mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

KELEBIHAN

1. Resale value lebih stabil ketimbang pesaing
2. Model kompak sehingga cukup bersahabat dikemudikan
3. Komponen spare parts, body parts, dan versi copotan tersebar
4. Jaringan aftersales service banyak

KEKURANGAN

1. Perlu peredaman kabin
2. Masih ada sedikit gejala ndut-ndutan
3. Ekstra perhatian pada bagian kaki-kaki


Simulasi Biaya KPM

Perhatikan tabel simulasi ini. Terlihat harga jual Avanza bekas racikan tahun 2007 ini cukup terjangkau. Dengan Down Payment (DP) 30%, Anda hanya membayar Rp 34,2 juta. Cukup terjangkau bukan?

Nah, pada pembayaran pertama bila Anda memilih masa pinjaman tiga tahun, Anda cukup membayar biaya tambahan seperti yang tertera pada tabel. Sebut saja angsuran pertama sebesar Rp 2.782.000 plus asuransi comprehensive dan biaya administrasi.

Mau lebih kecil angsuran tiap bulannya? Silakan tambah DP dan masa pinjaman Anda.

Menakar BIaya Servis

Ada baiknya sebelum Anda meminang Avanza ini perhatikan kemampuan dana yang harus dikeluarkan ketika servis. Pasalnya, bila ternyata Anda kurang mampu membelanjakan uang untuk keperluan servis dan spare parts maka stamina kendaraan Anda akan terganggu.

Nah, Toyota Avanza ini diservis rutin setiap 10.000 km. Pada jarak tempuh 10.000, 30.000, dan 50.000 km yang diganti adalah oli mesin dan filter oli serta servis rem dengan total biaya Rp 777.000.

Berikutnya pada 20.000 km, penggantiannya meliputi oli, filter oli, dan busi serta servis rem dengan total biayanya Rp 811.000. Sementara itu pada jarak tempuh 40.000 km dilakukan servis besar dengan total biaya Rp 1.499.000. Lalu pada 80.000 km servis besar kembali dilakukan dengan total biaya Rp 2.443.000.

Daftar Fast Moving
Filter Oli Rp 35.000
Filter udara Rp 130.000
Busi Rp 88.000/ 4 pieces
Kampas rem depan Rp 435.000
Kampas rem belakang Rp 310.000
Tierod Rp 260.000 x2
Long tierod Rp 570.000 x2

Sumber: Auto2000 Bintaro, jl. MH Thamrin B2/2, CBD Bintaro sektor 7, Tangerang. telp. 021-7452000

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa