Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Everest TDCI M/T 2010, Mobil Keluarga Segala Medan

billy - Senin, 3 Desember 2012 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Saat ini pilihan mobil keluarga sudah beragam, tidak hanya jenis MPV seperti Toyota Kijang Innova atau Nissan Serena. Seperti yang dikemukakan Futhi, seorang pemilik Ford Everest TDCI tahun 2010. “Saya dan suami memilih Ford Everest karena ingin mobil keluarga yang berbeda, selain mesin diesel yang teruji dengan baik, faktor ground clearance tinggi juga jadi bahan pertimbangan bila dilihat dari sisi keamanan dan keselamatan,” ujarnya.

Pilihannya memang tidak salah, Ford Everest TDCI dibekali mesin diesel 4 silinder berkapasitas 2.500 cc yang dilengkapi dengan Turbo sehingga tenaganya tidak ‘boyo’. “Saya bersama keluarga cukup sering bepergian keluar kota, tenaga mesinnya bisa diandalkan terutama di tanjakan,” tuturnya.
No caption
No credit
No caption

Apalagi, masih menurut perempuan cantik ini, Ford Everest ini sudah difasilitasi dengan tiga TV monitor dan juga jok berlapis kulit. “kedua anak saya pun tidak bakal kegerahan karena ada AC double blower,” jelasnya sambil sesekali tersenyum.

Pun demikian, Futhi mengakui suspensi belakang agak keras. “Tapi menyumbang kestabilan,” jelasnya. Maklum saja, lantaran suspensi belakang masih menggunakan per daun yang membuat kendaraan lebih stabil karena karakternya yang kaku.

No caption
No credit
No caption

Menurut Kunto Cahyo, Supervisor Service Advisor Ford Jaksel, Ford Everest pada usia tersebut sudah harus diperhatikan bagian injektornya. “Lantaran kualitas solar yang belum terlalu baik,” ucapnya.

Lanjutnya, efek samping yang sering terjadi saat ini seperti tenaga mesin berkurang dan asap lebih hitam. Nah, akibat kualitas solar saat ini, banyak injektor yang menjadi ‘korban’. “Gejalanya brebet pada RPM tertentu, ada juga yang saat stasioner sudah terasa terutama pada saat ada beban AC,”tambah Kunto.

No caption
No credit
No caption

Selain itu perhatikan ‘glow plug’ atau busi pijar yang berfungsi untuk pemanas awal ruang bakar mesin. “Sudah ada beberapa yang diganti karena usia pakai,” jelasnya. Katanya lagi, gejalanya seperti susah distarter pada saat mesin dingin. “Bisa dua-tiga kali starter baru mau hidup,” jelasnya.

Sementara itu, Kunto juga buka suara seputar suspensi yang ada bunyi-bunyian dari lower arm. Namun biasanya setelah disetel ulang akan hilang. (mobil.otomotifnet.com)


KELEBIHAN

- Memuat banyak penumpang
- Ground clearance tinggi
- Suspensi stabil

KEKURANGAN

- Perhatikan lower arm
- Depresiasi harga jual kembali belum teruji
- Jaringan aftersales service belum tersebar

Data Spesifikasi
Kapasitas mesin: 2.500 cc
Konfigurasi mesin: 4 silinder turbo intercooler (Turbo Diesel Commonrail Injection)
Transmisi: 5 speed M/T

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa