Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banjir Diskon, City Car Harga Lagi Murah Nih!

billy - Jumat, 21 Oktober 2011 | 15:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

"All New" KIA Picanto, model baru inden sebulan
JAKARTA - Menilik perkembangan penjualan city car dalam 3 tahun belakangan bisa disebut sedang ‘terjepit’. Bisa disebut agak ironis mengingat pamornya sebagai mobil yang banderol harganya terjangkau sempat menjulang.

Padahal identitasnya di mata konsumen sebagai mobil yang kompak, ekonomis dalam perawatan, serta hemat BBM belumlah luntur. Pilihan yang tersedia kini Hyundai i10, KIA Picanto, serta Suzuki Karimun Estilo. Berdasarkan data Gaikindo, segmen yang resminya disebut non sedan 4x2 “low”, mulai bulan Januari-Agustus 2011 terjual 5.255 unit. Rentang harganya berada di kisaran Rp. 125-148 jutaan.

Pada rentang harga segitu, tersedia pilihan lain beda kelas.  Yakni duet Toyota Avanza - Daihatsu Xenia, Daihatsu Grand Max, sampai Hyundai Avega. Ditambah lagi hadirnya yang setingkat di atas city car tapi masih dalam satu segmen yaitu tiga “city hatchback” macam Chevrolet Spark, Nissan March dan Suzuki Splash.

Hasil pengamatan yang menunjukan gelagat pragmatis dari konsumen. Jika harga sebuah Hyundai i10 GL A/T (varian tengah) dihargai Rp. 135 juta dan sebuah Nissan March 1.2 L M/T (varian terendah) berharga Rp 141,1 juta mudah saja calon konsumen cari ‘tombokan’ buat naik kelas. Hyundai i10 yang varian terendah GLi M/T harga wilayah DKI-nya Rp 126,3 juta dan varian termahal yaitu GLS A/T harganya Rp 148 juta. Varian i10 berjumlah 5 jenis.

Diskon Dan Hadiah
Meski terjepit bukan berarti tak ada yang menarik dari segmen ini, sejumlah dealer di Jakarta maupun Bandung sedang tebar pesona. “Makanya, agar terdongkrak angka penjualan. Pihak main dealer berupaya terus melakukan pameran. Terutama, di pusat-pusat perbelanjaan ternama,” terang Ida, salah satu staf marketing dari Siloam Motor, dealer produk KIA di bilangan Jl. Sudirman Bandung. Ia ditemui tengah bertugas di pameran produk All New Picanto di area Paris Van Java, Bandung.

Pola jemput bola itu disebutkan efektif untuk menjaring calon konsumen. Apalagi bagi KIA yang memasuki semester II ini melansir “All New” Picanto. Model baru yang punya tampilan apik ini untuk wilayah DKI dibanderol antara Rp 125 juta (Cosmo M/T) dan Rp 139 (Cosmos A/T). Data Gaikindo menunjukkan penjualan sebesar 678 unit. “Dengan harga OTR Rp. 125 juta untuk manual dan Rp. 139 juta untuk matik, sudah dianggap paling murah. Justru bisa dikatakan itu harga promo. Makanya enggak ada diskon untuk Picanto,” ungkap salah satu staf penjualan sebuah dealer KIA di bilangan Jaksel.


Nissan March, segmen city hatchback harganya 'nempel' city car
Pria yang minta dianonimkan itu mengaku hasil yang didapuk antara 40-60 unit Picanto baru yang terjual dalam sebulannya. Harga segitu sudah termasuk bonus ke konsumen berupa kaca film, paint protection, dan karpet kabin. Tak heran kalau konsumen sampai perlu melewati masa tunggu alias inden sampai 1 bulan.

Meski digosipkan akan ganti model, Suzuki Karimun Estilo juga jalani program menarik. Berdasarkan pantauan ke salah satu dealer Suzuki, terhitung sejak Juli lalu cukup tinggi. “Sebulan bisa keluar 10 unit,” ujar Tati Dwi jayanti, Sales Executive Suzuki RMK Cimanggis, Depok.

Tak hanya itu, disodorkan juga diskon uang muka sampai Rp. 18,5 juta selama bulan Oktober ini. Untuk diskon angsuran bulanan buat pembelian secara kredit menurutnya tidak ada. Tapi ada juga program uang muka ringan. “Cukup Rp. 5,5 juta saja, sudah bisa bawa pulang Estilo dengan masa angsuran paling lama mencapai 4 tahun. Dan yang paling penting, enggak perlu menunggu alias inden. Stok tersedia banyak dan pilihan warna komplet,” kata wanita ayu tersebut.

Di Bandung, Suzuki juga agresif mendorong Karimun Estilo. Dealer Nusantara Jaya Sentosa (NJS) bikin diskon 20-30% untuk pembelian mobil bermesin 1.061 cc itu. Untuk down payment bisa dapat diskon 5-10%, inipun masih bisa dinego, plus hadiah langsung buat konsumen seperti TV LCD 24 inci. Untuk wilayah DKI, Karimun Estilo bertransmisi manual dihargai Rp 130,5 juta.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa