Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasar SUV Premium, Kuda Hitam yang Makin Menggeliat

billy - Selasa, 11 Oktober 2011 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Meski sempat terhambat oleh sejumlah isu, seperti kenaikan tanda jadi, penjualan mobil penumpang di Indonesia bisa disebut masih bergairah. Memang rekor penjualan mobil baru tahun ini banyak yang meragukan untuk bisa melewati angka tahun 2010.

Sejumlah petinggi APM dalam keanggotaan Gaikindo yang dihubungi, dalam sebulan terakhir umumnya tetap optimis kalau penjualan tahun 2011 bakal melewati angka tahun 2010. Catatan penjualan mobil baru tahun 2010 sebesar 543.080 unit untuk semua mereka, model, maupun kelas.

Nah salah satu kelas yang jadi ‘kuda hitam’ buat menyumbang penjualan adalah segmen SUV Premium. Praktis semua kelas di segmen dengan banderol di atas Rp 500 jutaan ini menujukan pergerakan yang baik selama 3 tahun terakhir, termasuk selama semester I 2011.

"Permintaan tetap baik," sebut Dinne Mussu, PR Manager PT Eurokars Artha Utama (APM Porsche). Porsche Cayenne merupakan salah satu model yang ‘laris’ di segmen SUV Luxury. Diimbuhkan olehnya bahwa rasio antara yang bermesin petrol dan diesel adalah 70:30.

Hal serupa juga dialami oleh BMW Indonesia. Lewat surat elektronik, Helena Abidin, menegaskan kalau segmen puncak ini tetap menikmati pertumbuhan sampai memasuki semester II.

"Penjualan kami atas mobil SAV (Sports Activity Vehicle) tetap menunjukan animo positif,” ujar Direktur Komunikasi PT BMW Indonesia itu.

Penjualan seri X ditegaskan mempunyai porsi penjualan sebesar 24% atau setara 231 unit sampai akhir bulan Agustus lalu. Komposisi unit yang bermesin diesel dari model-model seri X BMW juga indikasikan peningkatan permintaan. Sebut saja X1 yang terjual 25%-nya adalah diesel, lalu X5 sebanyak 1%, dan yang terbanyak unit peminum solar adalah X3 (67%).

Nama-nama lain seperti Audi, Lexus, Mazda, maupun Mercedes-Benz yang sampai bulan Agustus 2011 ikutan pula mencatatkan angka penjualan naik. Sebut saja Audi Q7 (Rp 1,2 milyar, Off the road) terjual 68 unit, Lexus RX 350 (Rp 1,1 milyar) laku sebanyak 69 unit.

Begitu juga Mazda lewat CX-9 (Rp 808 juta) terbeli 162 unit, dan 86 unit ML350 (Rp 1 milyar) dari Mercedes-Benz dibawa pulang konsumen. Dan sampai bulan Agustus total 1.347 unit SUV di segmen mewah ini yang bisa terjual.

Berarti kelas yang lain ikutan naik? Memang seperti itu, karena katagori SUV yang berisikan nama seperti Honda CR-V, Toyota Rush, Mitsubishi Pajero Sport, atau Suzuki Grand Vitara mendapuk penjualan sebanyak 64.084 unit sampai bulan Agutus. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa