Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pahami Kebiasaan Jam Tidur Sang Anak

Selasa, 14 Juli 2015 | 07:20 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Jika Anda memiliki bayi di usia 0 sampai 12 bulan dan hendak dibawa berpergian jauh sebaiknya kenali pola tidurnya. Sebab pola tidur mereka berbeda dibandingkan orang dewasa.

“Pada usia 0 sampai 3 bulan di usia tersebut balita memiliki rentang waktu tidur cukup lama, 17 hingga 18 jam dalam sehari pada minggu-minggu pertama kelahiran,” buka Wiwin Triwinarti, dokter spesialis anak di Klinik Yadika, Harapan Jaya, Bekasi Utara.

Lebih lanjut diterangkan, bahwa setiap anak akan punya ritme jam tidur yang berbeda seiring usianya. Orang tua mesti paham juga dinamika tidur ini.

BEDA SIANG, BEDA MALAM

Terdapat beberapa perbedaan jam tidur anak baik malam dan siang hari melalui pendekatan usianya, sebagai berikut:
-    Usia 1 bulan waktu tidur malam bayi adalah 8,5 jam, sedangkan di siang hari berubah frekuensi tidur menjadi 7 jam sehingga total waktu tidurnya adalah 15,5 jam.

-    Usia 3 bulan waktu tidur malam butuh rentang waktu 10 jam, sedang siang hari berubah frekuensi tidur menjadi 5 jam sehingga total waktu tidurnya adalah 15 jam.

-    Usia 6 bulan waktu tidur malam yang dibutuhkan adalah 11 jam, dan siang hari berubah frekuensi tidur menjadi 3 jam 25 menit sehingga total waktu tidurnya adalah 14 jam 25 menit.

-    Usia 8 bulan waktu tidur malam mereka adalah 11 jam dan pada Siang hari berubah frekuensi tidur menjadi 3 jam sehingga total waktu waktu tidurnya adalah 14 jam.

-    Usia 12 bulan waktu tidur malamnya adalah 11 jam 25 menit dan pada siang hari berubah frekuensi tidur menjadi 2 jam 50 menit, sehingga total waktu tidurnya adalah 13 jam 75 menit.

Dengan mengetahui jam biologis dan kebiasaan dari sang anak, perjalanan akan lebih nyaman dan tenang. Bapak sebagai pengendara dapat mengemudi dengan tenang. Sementara ibu dapat memantau sang anak dan membantu bapak. Sementara anak juga tenang selama perjalanan. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa